Bupati Bengkalis Berikan Apresiasi Wajib Pajak Terbaik Tahun 2019

Bupati Bengkalis Amril Mukminin (kiri) menyerahkan apresiasi wajib pajak terbaik 2019 kepada salah satu wajib pajak. (F:ist)

Bupati Bengkalis Amril Mukminin (kiri) menyerahkan apresiasi wajib pajak terbaik 2019 kepada salah satu wajib pajak. (F:ist)

BENGKALIS (marwahkepri.com) – Pembayaran pajak merupakan kewajiban di suatu daerah, namun sampai saat ini dapat kita lihat bahwa kepatuhan membayar pajak oleh wajib pajak masih sangat rendah, untuk itu Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Bengkalis terus melaksanakan langkah-langkah dan terobosan agar tingkat kepatuhan wajib pajak semakin meningkat.

Ungkapan tersebut disampaikan Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat memberikan sambutan pada acara Pemberian Apresiasi Kepada Wajib Pajak, Petugas PBB (Kolektor), Petugas Penyampaian SPPT PBB (RT atau RW), Camat, Lurah/Kepala Desa Tahun 2019, Jum’at (20/12/2019), di Ballrom Hotel Surya.

Menyikapi dinamika tersebut Kepala Daerah Kabupaten Bengkalis Amril Mukminin menerangkan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada wajib pajak, dapat dilakukan melalui reward and punishment, artinya pemberian denda dan penghargaan kepada wajib pajak adalah salah satu bentuknya, dan pemberian penghargaan ini juga sebagai wujud terimakasih kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis atas kontribusi nyata wajib pajak dalam membayar pajak daerah.

“Pemberian penghargaan ini merupakan tahun kedua yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, dalam upaya meningkatkan kepatuhan wajib pajak serta memacu para wajib pajak lainnya untuk mendapatkan penghargaan serupa pada tahun yang akan datang sehingga dapat menjadi panutan bagi para wajib pajak lainnya pula,” papar Amril.

Lebih lanjut Amril menyampaikan pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga akan memberikan penghargaan kepada Camat, Kepala Desa/Lurah, Petugas PBB (Kolektor) dan Petugas Penyampaian SPPT PBB (RT atau RW) atas partisipasi dalam meningkatkan penerimaan daerah khususnya pajak PBB-P2 di Kabupaten Bengkalis.

“Untuk itu kami mengajak dan mengimbau kepada semua pihak untuk terus berupaya meningkatkan pendapatan daerah khususnya yang bersumber dari pajak daerah dan retribusi daerah guna mengurangi tingkat ketergantungan kita terhadap pemerintah pusat, sekaligus menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pembiayaan pembangunan khususnya yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berpotensi besar dalam mendukung pembiayaan penyelenggaraan pembangunan daerah di Kabupaten Bengkalis. dan kami berpesan kepada seluruh wajib pajak yang hadir pada siang ini untuk terus meningkatkan kepatuhan dan kepatutannya dalam membayar pajak daerah,” ajak Amril.

Berfoto bersama. (F:ist)

Kemudian dalam laporan ketua panitia dan juga Kepala Bapenda Kabupaten Bengkalis Supardi a mengatakan ada 11 objek pajak yang menjadi kewenangan kabupaten/Kkta, sesuai Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah, meliputi pajak hotel, restoran, air tanah, hiburan, reklame, penerangan jalan, parkir, mineral bukan logam dan batuan, sarang burung walet, PBB pedesaan dan perkotaan, Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHATB).

“Kegiatan apresiasi kepada wajib pajak yang kedua kali dilaksanakan di Kabupaten Bengkalis diharapkan dapat membangun hubungan yang baik dengan pemerintah. Apresiasi kepada wajib pajak daerah ini merupakan bagian dari gerakan taat pajak,” jelasnya.

Diakhir acara dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama antar Manajer PT.PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau UP3 Dumai Tentang Kelistrikan dan Energi dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Hadir pada kegiatan tersebut Anggota DPRD Bengkalis, Kapolres, Dandim 0303 Bengkalis diwakili Sigit dan Danramil 04/Mandau, Kapten Arh H Sitorus, Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril, Direktur Bank dan Seluruh Pimpinan Bank se-Kabupaten Bengkalis, pimpinan BUMN, BUMD dan para pengusaha se-Kabupaten Bengkalis.

Kemudian ketua beserta jajaran pengurus Asosiasi Hotel dan Restoran Kabupaten Bengkalis dan Kecamatan Mandau, Camat Mandau Riki Rihardi dan Camat Se-Kabupaten Bengkalis, Para Lurah dan Kepala Desa Se-Kabupaten Bengkalis, Para Petugas Kolektor, Ketua RW dan RT se-Kabupaten Bengkalis. (Humas Kab-Bengkalis/Siboroto)

Print Friendly, PDF & Email