Pertumbuhan Ekonomi di Lingga Alami Peningkatan

Suasana konferensi pers yang digelar BPS Kabupaten Lingga, Rabu (4/12/2019). (F:ist)

Suasana konferensi pers yang digelar BPS Kabupaten Lingga, Rabu (4/12/2019). (F:ist)

LINGGA (marwahkepri.com) – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lingga mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lingga pada tahun 2014 hingga tahun 2018 terus mengalami peningkatan. Hal ini disampaikan dalam konferensi pers yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS), Rabu (04/12/2019) di kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Lingga.

Dikatakan, Kasubbag Nerwilis BPS Kabupaten Lingga, Despeli Irma mengungkapkan secara peningkatan, secara pertumbuhan, Lingga tercepat jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Kepulauan Riau.

“Namun berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lingga merupakan yang terendah se-Kepulauan Riau,” ucapnya, Kamis (05/11/2019).

Disampaikan, Despeli Irma, ada lima bidang yang menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Lingga pada tahun 2018, yakni pertanian, kehutanan dan perikanan, perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda besar, konstruksi, jasa pendidikan, serta administrasi pertanahan dan jaminan sosial wajib.

“Melalui lima potensi tersebut, peningkatan pertumbuhan ekonomi Lingga bergerak naik, 60,75 menjadi 64,06,” jelasnya.

Selain, kelima penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Lingga tersebut. Adapun sektor lain pengisi struktur tersebut disumbangkan oleh sektor-sektor lain, sebesar 20.88% yang terdiri dari 12 sektor.

“Atas hasil capaian ini, kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) patut diapreasi,” imbuhnya.

Diketahui, dari hasil perhitungan mereka, diperoleh variabel IPM Lingga 2018, angka harapan hidup sehat lahir (AHH) mencapai 61,44 tahun; sedangkan angka harapan lama sekolah (HLS) mencapai angka 12,43 tahun; rata-rata lama sekolah (RLS) sebesar 6,27 tahun; dan pengeluaran Per Kapita yang disesuaikan mencapai angka 11,50 juta. (Willy)

Print Friendly, PDF & Email