Jelang Pilkada 2020, Kapolres Anambas Gelar Basembang Bacarita bersama PWI KKA

Suasana Basembang Bacarita Kapolres Anambas Bersama Sejumlah Wartawan Yang Tergabung di PWI Persiapan KKA

Suasana Basembang Bacarita Kapolres Anambas bersama sejumlah wartawan yang tergabung di PWI KKA. (F:ist)

ANAMBAS (marwahkepri.com) -Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di wilayah hukum Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Kepolisian Resort (Polres) Kepulauan Anambas menggelar acara Basembang Bacarita Kamtibmas bersama Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Junoto,SIK, dengan para wartawan yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) KKA di kedai kopi Botak Jalan Ahmad Yani, Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan, Sabtu (23/11 /2019).

Kapolres Kepulauan Anambas AKBP Junoto,SIK mengatakan, perlunya pengamanan dan kenyamanan pada Pilkada tahun 2020 mendatang.

“Mengantisipasi dan menciptakan situasi keamanan menjelang pelaksanaan Pilkada tahun 2020 mendatang adalah suatu kewajiban bagi pihak
kepolisian, khususnya di KKA,” katanya.

Namun, kata Junoto untuk menciptakan situasi keamanan yang kondusif ini tidak terlepas dari adanya kerjasama dan partisipasi dari para wartawan yang dinilai mempunyai pengaruh terhadap informasi yang diberikan ke masyarakat.

“Saya harap dari rekan-rekan media yang tergabung di PWI turut serta berpartisipasi, berkontribusi agar  supaya pelaksanaan Pilkada tahun 2020 nanti bisa berjalan lancar, aman, dan nyaman,” pinta Junoto.

Lebih jelas ia sampaikan hal-hal yang negatif agar tidak muncul, sebab Kepulauan Anambas merupakan kabupaten baru dengan sektor pariwisata yang perlu dikembangkan.

“Kami mohon kalau ada hal-hal yang kurang baik jangan dimunculkan, sebab dapat menghambat pembangunan, khususnya di sektor pariwisata,” harapnya.

Kapolres Junoto juga menyampaikan silaturahmi bersama insan pers ini harus dijalin dengan baik. Hubungan baik kedua belah pihak tentunya akan membuat informasi itu mudah disampaikan.

“Kita merupakan mitra jadi harus bersama-sama menjalin komunikasi secara bersinergi. Polisi dan wartawan sama-sama memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga stabilitas keamanan yang sudah kondusif ini, sehingga tidak terganggu ataupun terpancing dengan isu-isu apa pun. Pihaknya juga perlu untuk saling bertukar pikiran terkait informasi dalam melihat isu-isu keamanan yang ada sehingga mampu memberikan informasi suasana yang kondusif,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) KKA, Jupri Budi mengatakan, dalam Pilkada 2020 mendatang kita harus belajar dari Pemilu sebelumnya.

“Belajar dari pemilu 2019 berkat dukungan TNI dan Polri, kita mendapat anugerah terbaik dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sebagai penyeleggara pilkada terbaik. Untuk di daerah sendiri, pemilu kita di Anambas aman tentram. Penghargaan ini tak terlepas dari dukungan rekan-rekan media. Harapan kita ini bisa dijaga bersama, paling tidak kita pertahankan dan kalau bisa ditingkatkan, untuk mensukseskan Pilkada 2020,” sebut Budi.

Hal senada juga disampaikan Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) KKA, Anuar Nasution.

“Kami sejalan dengan KPU, tentunya kami harap para media di PWI dapat membantu,” terang Anuar.

Lebih lanjut Kabag Ops Bob Ferizal juga menyampaikan bahwa akan ada kegiatan tambahan disaat menjelang Pilkada 2020 nanti.

“Kita akan menambah kegiatan, akan ada patroli gabungan dengan TNI dan simulasi pengamanan menjelang Pilkada. Kami berharap dengan kegiatan tambahan ini bisa terkespos dengan baik dan benar,” pungkas Ferizal.

Giat Basembang Bacarita ini dipimpin langsung oleh Kapolres Kepulauan Anambas AKBP Junoto,SIK dengan didampingi Kabag Ops, Kasatreskrim, Kasubag Humas Polres beserta ketua KPU dan Komisioner Bawaslu KKA serta dihadiri para wartawan yang tergabung di organisasi PWI Persiapan KKA.(SES)

Print Friendly, PDF & Email