Natuna Berpeluang Raih Gelar Kabupaten Sehat

Sekda Natuna Wan Siswandi menyampaikan sambutan.

MARWAHKEPRI.COM, NATUNA – Dengan berakhirnya rangkaian peninjauan lapangan Verifikasi KKS (Kabupaten/Kota Sehat) oleh tim Kemendagri, Kemenkes RI dan tingkat Provinsi Kepulauan Riau pada (23-26) September 2019 di Kabupaten Natuna, ditutup dengan Malam Ramah Tamah bersama tim FKS (Forum Kabupaten Sehat) Natuna, berlangsung di Gedung Daerah Kabupaten Natuna jalan Batu sisir Bukit Arai, Rabu (25/09) malam.

Peninajaun sejumlah lokus (tempat) sarana dan prasarana Sehat merupakan nilai standar sembilan tatanan wajib KKS disejumlah kecamatan dan Desa Pulau di sekitar Pulau Bunguran Besar, dinyatakan selesai.

Sekretaris daerah Kabupaten Natuna Wan Siswandi dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak telah berpatisipasi dalam Forum Kabupaten Sehat Natuna. Pada tahun 2019 ini merupakan kali pertama diikuti Natuna, sebab itu jika ditemukan beberapa kekeliruan dan kekurangan, Ia meminta maklum kepada tim verifikasi.

Menurutnya, belajar dari kekurangan tersebut, akan menjadikan kelebihan bagi Natuna sebagai evaluasi dan pembelajaran, dalam memenuhi ketentuan standar tatanan wajib KKS yang dilaksanakan rutin dua tahun sekali.Dengan komitmen kebersamaan dan kesungguhan, ia optimis Natuna memperoleh hasil dan pengakuan sebagai Kabupaten Sehat sesuai harapan.

“Karena hasil itu adalah hak dan milik kita, jika usaha telah dilakukan, maka penilaian atas keberhasilan akan menyertai dari pada hasil usaha itu sendiri. Begitu halnya penghargaan KKS bukanlah pujian apalagi menjadi tujuan, tetapi sebuah bentuk karya yang dibuat, bagaimana kita didalam tim bisa memaknai dan menghargai perjalanan prosesnya”.

Menurutnya, ini merupakan sebuah awal pekerjaan yang tidak pernah berakhir. Harus tetap dipertahankan untuk menjadikan sebuah tradisi menuju Natuna bersih dan sehat.

Siswandi juga meminta agar pimpinan OPD yang terlibat dalam Forum Kabupaten Sehat, dapat membangun koordinasi multi sektoral secara sinergis, karena untuk menjadikan Natuna sebagai Kabupaten Sehat, masing-masing OPD memiliki peran penting sesuai kewenangan bidangnya.

Sambutan Tim Verifikasi.

Seperti tercantum dalam ketentuan sembilan tatanan wajib KKS, urusan pemukiman sarpras sehat menjadi tanggungjawab Dinas Perkim, urusan lalulintas tertib dan layanan transportasi sehat dibidangi Dinas Perhubungan, untuk industri dan perkantoran sehat bagian dari Perindag dan bagian Umum, begitu juga kawasan pariwisata sehat ditangani Dinas Pariwisata, ketahanan pangan dan gizi dinas Kesehatan, begitu juga untuk pertambangan sehat hutan sehat, kehidupan masyarakat yang mandiri serta, kehidupan sosial yang sehat.

Program lintas sektor mengutamakan pada proses dengan target untuk menjamin keberlanjutan ini, sebagai penyelenggaraan kabupaten sehat yang berpedoman pada peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan RI Nomor 3 Tahun 2005 dan Nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005.

Doni Mashuri dari Kemendagri mengaku Natuna punya banyak keunggulan dan keindahan potensi alamnya apabila diberikan sentuhan oleh pemerintah setempat, dapat menjadikan Natuna sebagai magnet daya tarik. Sebab itu, kedepan dirinya berniat untuk berkujung kembali ke daerah ini.

Beberapa evaluasi dilapangan, ia juga meminta agar tim forum di Natuna bisa melengkapi beberapa kekurangan data administrasi, ini dimungkinkan untuk menjadikan Natuna berpeluang memperoleh pengakuan sebagai kabupaten sehat dengan sejumlah sarpras dan faktor KKS pendukung lainnya.

Ketua Forum kabupaten sehat Natuna Nurhayati Hamid Rizal menyebutkan, ada beberapa nilai tambah bagi Natuna untuk berpeluang menyandang predikat kabupaten Sehat, karena Bappeda setempat selaku tim pembina juga telah meminta kepada Bupati untuk menerbitkan surat himbauan kepada sejumlah kepala OPD terkait, agar tidak melakukan dinas luar daerah selama peninjauan lapangan tim verifikasi berlangsung, sehingga dinas terkait bisa ikut mendampingi peninjauan tim verifikasi dan memberikan paparan sesuai kewenangan sektornya.

Tujuh kabupaten/Kota di Provinsi kepri termasuk Natuna, ambil bagian 165 dari 202 kabupaten/kota Se Indonesia, mengikuti KKS pada tahun 2019. Pada tahun pertama ini, Natuna mengikuti kategori penghargaan Padapa (pemantapan) dengan dua tatanan wajib.

Disisi lain, Natuna sebagai daerah kepulauan, warganya dominan bermukim di pelantaran pantai, juga menjadi perhatian ekstra tim forum kabupaten sehat di Natuna, karena selain limbah rumah tangga yang berpotensi mencemari laut, juga masih banyak warga pesisir belum memiliki unit septic tank komunal.

(Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.