Sambut VM2020, Malaysia Targetkan 30 juta Wisman

JOHOR (marwahkepri.com) – Pemerintah Malaysia menargetkan 30 juta kunjungan wisatawan mancanegara dengan penerimaan pendapatan negara sebesar RM100.00 miliar pada tahun 2020 mendatang. Hal itu disampaikan oleh Zulkipli MD Said, Ketua Pengarah Tourism Malaysia saat acara Travel Mart @ JB & Sesi Libat Urus Bersama Penggiat Pelancongan Bersempena Pelancaran VM2020 Peringkat Negeri Johor di Hotel Holiday Villa, Selasa (24/9/2019).

Target ini sedikit lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang berada dijumlah 28.1 juta pengunjung dengan penerimaan RM92.2 miliar.

Untuk mencapai target tersebut, Zulkipli menghimbau agar para pelaku usaha industri wisata ikut menggalakkan destinasi wisata yang ada di Malaysia. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial, karena media sosial merupakan marketing terbesar dalam mempromosikan industri wisata.

Selain itu, salah satu yang paling penting dalam industri wisata adalah bagaimana pelaku usaha industri wisata mengetahui apa keinginan dari para wisatawan.

“Para pegiat pelancongan harus memahami apa yang disukai oleh para pelancong,”kata Zulkipli.

Produk makanan dan budaya dikatakan Zulkipli merupakan salah satu produk yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi dalam industri wisata.

“Keselamatan, kebersihan dan service terhadap para pelancong adalah hal yang paling utama, pegiat pelancongan harus selalu menjaga kebersihan dan berikan mereka pelayanan yang baik, agar para pelancong merasa nyaman dan datang lagi ke negara kita,”terang Zulkipli.

Sampai saat ini, wisatawan yang paling banyak berkunjung ke Malaysia kebanyakan berasal dari Singapura, kemudian Indonesia dan diikuti oleh Cina.

Zulkipli berharap industri wisata di Malaysia, khususnya Johor dapat berkembang lebih pesat lagi karena industri wisata ini merupakan salah satu penyumbang pendapatan daerah yang sangat besar.

“Tahun 2020 target kita RM100.00 miliar, naik dari tahun 2019 RM92.2 miliar,”ujarnya.

Sementara itu,  Liow Cai Tung Pengerusi Jawatan Kuasa Pelancongan, Pembangunan Wanita Keluarga & Masyarakat Negeri Johor mengatakan dengan adanya event Visit Johor 2020, diharapkan banyak para wisatawan yang datang untuk berkunjung ke Johor.

“Di negeri bagian selatan, ada 10 daerah yang menjadi destinasi wisata untuk pelancong, saya berharap pelancong yang datang ke Malaysia bukan hanya ke KL dan Johor saja, tetapi daerah lain juga agar mereka tahu jika Malaysia itu banyak sekali culture nya, sehingga ekonomi bergerak bukan hanya di Johor saja, tetapi di semua daerah,”kata Liow.

Untuk wisatawan domestik sendiri juga mengalami pertumbuhan yang positif, tahun 2015 kunjungan domestik ke Johor sekitar 62.7 juta dengan pendapatan RM44.2 miliar. Kemudian tahun 2018 meningkat menjadi 78.2 juta dengan pendapatan RM60.4 miliar.

“Negeri Pahang yang paling banyak dikunjungi domestik, sekitar 90 juta, diikuti Johor lebih dari 70 juta orang,”kata dia.

Johor sendiri telah menetapkan target 17,4 juta wisatawan mancanegara, termasuk 8,4 juta pengunjung untuk Visit Johor Year 2020.

Harimau Melayu bernama Joh, yang merupakan kependekan dari Johor, telah dipilih sebagai maskot untuk Visit Johor Year 2020.(mk/mun)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.