Warga Mekar Jaya Kompak Bersihkan Lingkungan

Seluruh pihak terlibat dalam peringatan WCD di Desa Mekar Jaya

MARWAHKEPRI.COM, NATUNA – Warga Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bunguran Barat, mengadakan aksi pungut sampah dan bersihkan lingkungan sekitar perkampungan, Sabtu pagi (21/09/2019).

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Wolrd Cleanup Day (hari bersih sedunia) yang jatuh pada Sabtu kemarin. Ratusan masyarakat kompak membersihkan sampah sepanjang jalan utama, hingga masuk ke dalam gang-gang sempit.

Kebersihan lingkungan merupakan tanggungjawab bersama. Harus menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari. Kampanye anti sampah plastik terus didengungkan oleh semua orang dan komunitas-komunitas peduli akan dampak limbah tidak terurai, tidak terkecuali pemerintah Desa Mekar Jaya.

“Ini merupakan tahun pertama kita lakukan di desa Mekar Jaya, semoga dengan momentum WCD yang melibatkan 157 negara, 34 provinsi dan 13 juta relawan ini menjadikan warga Mekar Jaya khususnya, sadar betul akan dampak plastik bagi kehidupan dan agar lebih bijak terjadap pemanfaatan sampah plastik”, ujar Yusuf, Ledaer Tim WCD Mekar Jaya.

Hal senada juga juga disampaikan Babinsa Mekar Jaya, Azhar Tanjung. Melalui momentum hari bersih sedunia ini, masyarakat menjadi lebih sadar akan arti bersihnya lingkungan.

“Saya berharap dengan momentum WCD ini, warga Mekar Jaya lebih bersemangat untuk menjaga lingkungan demi kenyamanan bersama. Harapannya juga, tahun depan acaranya lebih hebat lagi dan bisa melibatkan masyarakat lebih banyak lagi”, ujar Tanjung.

Sementara itu Kepala Desa Mekar Jaya, Muhammad Isa, sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan yang digagas oleh Tim WCD Mekar Jaya tersebut. Aksi ini merupakan salah satu langkah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

Bersih-bersih melibatkan pihak sekolah.

“Kami atas nama pemerintah desa sangat berterimakasih atas inisiatif dan ide kreatif yang dilaksanakan pada hari ini. Hal ini tentu saja untuk mewujudkan kampung kita bebas dari sampah”.

Isa berjanji akan terus mendukung kegiatan-kegiatan serupa kedepannya. Ia pun mengacungi jempol terhadap tim WCD dan KIM Mekar Jaya.

“Insya Allah tahun depan kita kemas semaksimal mungkin, hingga bisa menarik perhatian semua warga untuk terlibat”, ujarnya.

Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Mekar Jaya Ahdiani mengatakan, pihaknya terus berupaya merangkul dan memberikan edukasi kepada masyarakat generasi muda di kampungya. Kegiatan WCD ini sebelumnya telah diinisiasi KIM setempat.

“Terimakasih bang, memang sebagai Ketua KIM, beban say hari ini adalah bagaimana anak muda mau bergerak dari desa ini”, ujarnya dihubungi, Minggu (22/09/2019).

Bersih-bersih lingkungan, sedikitnya melibatkan 158 orang. Terdiri dari aparatur Pemerintah Desa, Babinsa, BPD, MTs Miftahunnajah, SDN 009 Mekar Jaya, Tim Desa Sehat dan lembaga-lembaga desa, dan masyarakat.

Melalui aksi ini terkumpul sebanyak 245 kg sampah plastik. Usai dikumpulkan, sampah diangkut ke Tempat Pembuangan Sementara.

(Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.