World Cleanup Day, Ratusan Warga Bersih-bersih Pantai Mempanak

(ist)

(ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Ratusan warga Desa Sungai Pinang Kecamatan Lingga Timur mulai dari pelajar, komunitas hingga PNS dibeberapa instansi mengikuti aksi World Cleanup  Day (WCD) yang berlokasi di pantai Mempanak. Aksi pungut sampah dilakukan menyusuri darat dan bibir pantai, Sabtu (21/9/2019).

Ketua Komunitas WCD Kabupaten Lingga, Nurul Azmi mengatakan kegiatan bersih-bersih serentak sedunia ini didukung banyak kalangan. Ada 10 organisasi dan beberapa perusahaan rumah tangga. WCD ini digelar setiap setahun sekali.

Lokasi yang diambilpun beragam, mulai dari Pantai Mempanak, Pantai Wisata Pasir Panjang, lokasi Dusun Senempek Desa Limbung Kecamatan Lingga Utara, lokasi Desa Panggak Laut Kecamatan Lingga dan lokasi Sekop Laut di Dabosingkep.

“Jadi di pantai Mempanak ini titik satu. Kita fokus disini karena sampahnya lumayan,” kata dia.

Lokasi-lokasi giat baksos sedunia inipun telah dilakukan survey terlebih dulu. Apalagi dimusim ini pantai Mempanak menjadi tempat sampah datang dari laut.

Dia juga mengatakan masalah sampah bukan merupakan hal yang enteng. Sampah bila dibiarkan, tidak ada kepedulian bisa menjadi masalah besar, seperti di kota besar yang menjadi masalah krusial. Maka pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat  menjaga kebersihan, ketertiban. dan tak hanya gerakan hari ini saja, tapi secara terus-menerus. Paling tidak seminggu sekali, dari desa,” jelas dia.

“Peserta dibagikan menjadi beberapa kelompok untuk beberapa zona. Alhamdulillah pantai bersih dari plastik,” ujar dia.

Sementara Kepala Desa Sungai Pinang, Diyau Rusdi berterimakasih kepada leader dari komunitas WCD yang telah menetapkan pantai Mempanak sebagai titik utama.

Kegiatan sosial ini menurut dia sangat bermanfaat. Apalagi dalam waktu dekat lokasi pantai ini akan diselenggarakan acara adat Mandi Safar Air Raja.

“Ini pantai wisata kami. Alhamdulillah dengan ini sudah bersih, kedepannya juga bersih untuk mandi safar,” papar dia.

Dengan aksi ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah persampahan khususnya di pantai agar bisa dimanfaatkan. Seperti sampah botol bekas air mineral, dan lain-lain.

“Alhamdulillah, ini sebagai upaya untuk meningkatkan kepedulian dan mewujudkan pantai Mempanak bersih,” jelas dia. (MK/Wly)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.