Kabupaten Kepulauan Anambas jadi Daerah Pertama yang Tanda Tangani NPHD Pilkada 2020

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH menandatangani NPHD Pilada 2020 dan disaksikan oleh Kapolres Anambas, Danramil Tarempa, Ketua KPU Anambas dan Bawaslu KKA. (F:SES)

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH menandatangani NPHD Pilada 2020 dan disaksikan oleh Kapolres Anambas, Danramil Tarempa, Ketua KPU Anambas dan Bawaslu KKA. (F:SES)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menjadi daerah di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) paling awal yang menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkada 2020. Hal ini sebagai wujud kesiapan pemerintah daerah setempat dalam mendukung terselenggaranya pesta demokrasi daerah yang berlangsung 5 tahunan tersebut.

“Intinya, kami berupaya patuh pada aturan hukum yang berlaku. Selain itu, pemerintah kabupaten siap mendukung sepenuhnya pelaksanaan pilkada di daerah kita,” kata Bupati KKA Abdul Haris usai penandatanganan NPHD di Aula Kantor Bupati Lama, Jumat (20/09/2019).

Pada kesempatan itu, bupati juga mengharapkan agar pilkada tahun 2020 berjalan tertib, aman dan lancar seperti pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) beberapa waktu yang lalu.

“Kondusifitas selama pelaksanaan merupakan tanggungjawab kita bersama, bukan pihak keamanan saja. Saya berharap kedewasaan kita dalam menentukan pilihan menjadi salah satu faktor terciptanya kedamaian dan ketentraman,” tutupnya

Terkait pembahasan dana hibah, lanjut Bupati, memang menjadi prioritas. Hal itu mengingat kesiapan anggaran menjadi salah satu kunci lancarnya tahapan pemilukada. Dia pun berharap sinergi antarlembaga tetap terjalin dengan baik. Harapannya, pemilu tak hanya berjalan demokratis, namun juga kondusif.

Prosesi penandatanganan NPHD perdana di wilayah KKA ini disaksikan langsung Kapolres Kepulauan Anambas AKBP Junoto, Ketua KPU KKA Jupri Budi, Ketua Bawaslu Yopi Susanto serta Danramil Tarempa.

Pasca penandatanganan NPHD, ada beberapa hal yang menurut Haris harus menjadi perhatian, antara lain ketepatan waktu pencairan serta ketepatan jumlah. Hal ini karena semua tahapan pilkada harus mengacu pada jadwal yang ada. Untuk diketahui, Pemerintah KKA sendiri menganggarkan dana hibah untuk Pilkada 2020 sebesar Rp 23,5 miliar.

DI tempat terpisah, Ketua KPU KKA Jupri Budi mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas memprioritaskan pembahasan NPHD.

“Pembahasan anggaran pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas bersama DPRD KKA berlangsung cepat. Ini patut kita (KPU Anambas) syukuri karena yang pertama melaksanakan penandatanganan NPHD Pilkada 2020,” kata Jupri Budi usai acara penandatanganan NPHD.

Acara tersebut dihadiri perwakilan Lanal Tarempa, Kapolres Anambas, Komisioner KPU KKA, Komisioner Bawaslu KKA dan kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab KKA. (SES)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.