Kualitas Udara di Batam Tak Sehat, Warga Dihimbau Kurangi Aktifitas di Luar Rumah

Plt Gubernur Kepri Isdianto membacakan himbauan kepada masyarakat terkait kabut asap yang tengah melanda Kepri, Selasa (18/9/2019). (F:ist)

BATAM (marwahkepri.com) – Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga didampingi Plt Gubernur Provinsi Kepri H. Isdianto, S.Sos., menggelar konferensi pers terkait penanggulangan kabut asap di Kepri bertempat di Graha Kepri, Kota Batam, Selasa (18/9/2019).

Isdianto dalam paparannya menyatakan kabut asap di Provinsi Kepri khususnya Kota Batam berada di kisaran 170-226 ISPU (Indeks Standar Pencemaran Udara), angka tersebut menunjukkan bahwa kualitas udara saat ini dinyatakan ″Tidak Sehat″. Pengukuran ISPU pun katanya akan terus akan dilakukan sampai dengan kualitas udara ″Baik″.

Untuk menghadapi hal tersebut, ia pun memberikan beberapa himbauan kepada masyarakat. Pertama untuk mengurangi aktivitas diluar rumah, jika terpaksa keluar rumah/gedung sebaiknya menggunakan masker.

“Kedua apabila dirasakan ada gangguan pernafasan, segera mendatangi fasilitas kesehatan setempat seperti rumah sakit, puskesmas dan lainnya. Menghimbau kepada seluruh fasilitas kesehatan untuk proaktif dan memberikan pelayanan terbaik,” katanya.

Bagi masyarakat yang membutuhkan masker, katanya telah disediakan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Namun pemerintah kabupaten/kota diharapkan juga dapat melakukan pengadaan masker sesuai kebutuhan

“Dihimbau kepada sektor swasta dapat juga berpartisipasi aktif dalam menyediakan masker secara mandiri atau membagikan langsung kepada masyarakat,” tambahnya. (ril)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.