Susilo Hadi Ingatkan KBR, Jangan Hanya Kejar Anggaran

Penandatanganan komitmen menjaga dan melestarikan hutan mangrove Batu Gajah.

MARWAHKEPRI.COM, NATUNA – Kepala Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) unit V Kabupaten Natuna, Susilo Hadi, mengingatkan kepada Kelompok Kebun Bibit Rakyat (KBR) di Natuna, jangan hanya mengejar anggaran semata.

Hal ini ditegaskan Susilo, sebelum melaksanakan penanaman bibit bakau secara simbolis, produksi Kelompok Tani (Poktan) Sukur Jadi, Dusun II, Sebala, Desa Batu Gajah, 13 September 2019.

“Intinya jika ada kelompok lain di Batu Gajah dengan kegiatan serupa. Saya ingatkan jangan hanya mengejar anggarannya”, ujar Susilo.

Menurutnya, KBR tidak boleh seperti main proyek, jangan sampai ketika sudah dapat kegiatannya malah disubkan kepada pihak lain. Untuk itu, perlu pengawasan dari aparat pemerintah desa maupun kecamatan.

KBR diperuntukkan bagi masyarakat yang punya inisiatif dan kenginan berpartisipasi swakarya dalam rangka penghijauan lingkungan.

Ia berharap agar kelompok tani tidak gampang berpuas diri, hendaknya ada peningkatan kapasitas. Misalnya ada izin usaha dari Kementerian.

“Bagi kami, harapannya ada kelompok yang mandiri, bukan hanya sebagai dalang. Mungkin dari desa nanti bisa merekomendasi mana kelompok yang layak dan mana yang tidak”.

Ia mengimbau kepada kelompok masyarakat maupun instansi, sekiranya memerlukan bibit tanaman untuk penghijauan lingkungan, pihaknya bisa membantu.

“Kalau misalnya ada instansi atau masyarakat yang memerlukan bibit untuk penghijauan, kita siap bantu. Tapi kalau jumlahnya ribuan bibit, ya harus kita verifikasi juga”.

(Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.