Lintas Instansi Bagikan 1.500 Masker kepada Pengendara

Tampak Wabup Natuna turut serta membagikan masker.

MARWAHKEPRI.COM, NATUNA – Kabut asap kiriman tampak menyelimuti kota Ranai sejak sepekan terakhir. Parahnya, hingga sekarang belum ada tanda-tanda “musibah” ini akan segera berlalu.

Apabila pencemaran udara berlangsung cukup lama, pasti akan berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat. Biasanya manusia rentan terhadap penyakit infeksi saluran pernapasan (ispa) dan flu.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Puskesmas Ranai dan PMI Natuna, menginisiasi pembagian 1.500 masker kepada pengendara di kota Ranai, Rabu (11/09/2019).

Bagi-bagi masker kepada pemotor dimulai sekitar pukul 16.30 WIB, bertempat di simpang empat Masjid Jamik, Ranai. Turut hadir Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti dan Kepala Puskesman Ranai, Nazri.

Aksi pembagian penutup mulut dan hidung ini, juga melibatkan Bhabinkamtibmas Polsek Bunguran Timur, relawan PMI, PMR SMAN 1 Bunguran Timur, SMAN 2 Bunguran Timur dan PMR SMAN 1 Bunguran Timur Laut.

Wabup Natuna Ngesti Yuni Suprapti mengatakan, Natuna acap kali diselimuti kabut asap kiriman. Diyakininya, kabut berasal dari lahan terbakar di provinsi Riau dan Kalimantan.

Menurutnya, meskipun belum ada laporan mengenai gangguan pernapasan disebabkan kabut asap, namun tindakan antisipasi perlu dilakukan.

“Kita prihatin melihat kondisi udara belakangan ini. Maka dari itu kami bersama pihak Puskesmas membagi-bagikan 1500 masker kepada para pengendara”.

Orang nomor dua di ujung utara NKRI ini mengimbau, agar masyarakat senantiasa menggunakan masker apabila beraktifitas di luar ruangan. Terutama anak-anak dan para pengguna jalan.

“Anak-anak termasuk yang rentan maka daripada itu kurangi mereka beraktifitas diluar kalaupun terpaksa pakailah masker,” ujar Ngesti.

(Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.