Sosialisasi Pilkades Serentak Se-Kabupaten Pati Digelar

Suasana acara sosialisasi sosialisasi persiapan Pilkades (pemilihan kepala desa) dan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkades Serentak Gelombang 3 tahun 2019, Selasa (10/9/2019). (f:narto)

PATI (marwahkepri.com) – Pada hari Selasa (10/9/2019) bertempat di Pendopo Kabupaten Pati, Dandilm Pati Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos menghadiri kegiatan sosialisasi persiapan Pilkades (pemilihan kepala desa) dan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkades Serentak Gelombang 3 tahun 2019.

Kabag Tata Pemerintahan Sekda Pati Drs Teguh Widyatmoko.MM dalam sambutannya menyampaikan pemilihan kepala desa mengacu pada amanat UU Nomor 6 Tahun 2017 dan Peraturan Gubernur Jawa Tengah.

“Pada tahun ini ada 122 desa dari 21 kecamatan se Kabupaten Pati yang mengikuti pelaksanaan Pilkades 2019. Kita berharap pelaksanakan setiap tahapan pilkades berjalan lancar,” harapnya.

Sementara itu, Kapolres Pati Akbp H.Jon Wesly Arianto,SIK mengambil contoh pelaksanaan pilkades tahun lalu pada 42 desa yang sudah terlaksana dengan baik walau ada sedikit kendala.

“Sehingga ada penentu kerawanan-kerawanan terutama para panitia dalam pelaksanaan pra pilkades harus berkoordinasi dan persiapkan dengan baik, kepada rekan-rekan BPD sehingga tidak muncul masalah pada saat pelaksanaan,” katanya.

Ia pun berharap agar sesegera mungkin diadakan sosialisasi dan persiapan yang baik. Serta agar calon-calon kepala desa, para kepala desa dan unsur-unsur pemerintah agar bermain sportif dan jujur.

“Pada pelaksanaan Pilkades tahun lalu ada himbauan dari pimpinan kami sehingga di tahun ini akan lebih diterapkan pengamanan di masing-masing kecamatan dari personil Polda Jateng.  Kami bersama Dandim, kita awasi dan patroli ke desa-desa kalau perlu dibuat pos pengawasan,” tambahnya.

Adapun pos pengawasan berfungsi sebagai antisipasi kerawanan-kerawanan yang mungkin timbul pada saat sebelum dan sesudah pemilihan, cara bertindak dalam pengawasan, patroli, deteksi dini dan monitoring.

“Semoga Kabupaten Pati selalu aman, damai dan tertib, semoga Pilkades berjalan adil tertib dan warga Pati bisa menikmati hasilnya dengan baik,” jelas Kapolres.

Bupati Pati H. Haryanto mengatakan semua kecamatan yang menyelenggarakan pilkades serentak harus mengikuti persiapannya dan tidak ada yang melompati tahapan-tahapan pilkades. Para Panitia, BPD, kepala desa dan unsur-unsur lainnya harus mengikuti sosialisasi Pilkades 2019. Bupati pun berharap dalam pelaksanaannya semua berjalan lancar, kondusif dan terkendali.

“Awasi proses pemilihan dengan hati-hati, terutama proses-proses administrasi tidak boleh dilanggar, harus pasti dilalui dan ditepati agar di kemudian hari tidak ada kepala desa terpilih yang cacat hukum,” tegas Bupati. (nartopendimpati)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.