Nizar Dukung Kembangnya UMKM di Kabupaten Lingga

 

Foto bersama usai kegiatan (ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Dalam rangka mendukung tumbuh kembangnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Lingga, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lingga bersama JNE Express menggelar acara UMKM Goes Online di Aula Kantor Camat Lingga, Selasa (10/09/2019).

Mengawali acara, Camat Lingga, Yulius, SKM mengatakan acara tersebut sudah tepat sasaran karena menghadirkan para pelaku UKM daerah, sehingga diharapkan mampu memberikan stimulan, semangat dan mampu menggairahkan UKM Kabupaten Lingga kedepan.

Dia menjelaskan bahwa selama ini banyak dari para pelaku usaha dan UKM di Kabupaten Lingga yang mengalami berbagai kendala, diantaranya terkendala modal, tenaga, hingga kendala pemasaran, sehingga bisnis mereka tidak berjalan efektif dan efisien.

“Para pelaku UKM kita selama ini hanya mengharapkan dari kunjungan orang-orang yang datang ke Lingga saja, atau dari event-event saja, sehingga menunggu waktu yang lama untuk perputaran uang yang berdampak pada nilai produksi dan modal, ” Katanya.

Setalah itu, Yulius berharap semoga ada dukungan dari Pemkab Lingga melalui APBD kedepan terkait pengembangan UKM ini, sehingga masyarakat bisa mengembangkan diri dan maju bersama.

“Kedepan kami sangat berharap kepada dinas terkait, untuk lebih proaktif, lebih intens melakukan pembinaan secara bersama-sama dan simultan. Tanpa bimbingan, kegiatan semacam ini hanya bersemangat di awal-awal saja. Kita ingin UKM kita berkembang menjadi skala daerah, skala nasional dan bahkan menembus pasar internasional,” harapnya.

Sementara, Wakil Bupati Lingga, M. Nizar sangat mendukung acara tersebut, karena kegiatan semacam ini sangat penting bagi kemajuan UKM di Kabupaten Lingga.

Kemudian Nizar juga menekan beri pengarahan kepada dinas-dinas terkait untuk mendata UMKM yang berada di Kabupaten Lingga, karena pada tahun 2020 mendatang akan ada program pemerintah darah untuk melakukan pemberdayaan dan pemberian bantuan terhadap para pelaku UKM.

“Jika memang UKM tersebut sudah memenuhi syarat dan standar untuk kepengurusan izin tersebut, mohon untuk dipercepat dan dipermudah, ” tekannya.

Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Lingga, Perwakilan dari beberapa OPD terkait, Kepala Marketing JNE Wilayah Kepri beserta rombongan, Perwakilan dari Bank Riau Kepri Cabang Daik, Ketua PKK Kecamatan Lingga, Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Ketua IPEMI, perwakilan LSM serta para pelaku UKM se-Kabupaten Lingga.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.