Asisten II Buka Sosialisasi Izin Usaha Berbasis OSS

Foto bersama usai pembukaan sosialisasi.

MARWAHKEPRI.COM, NATUNA – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Natuna, menggelar Sosialisasi Izin Usaha Elektronik melalui Online Single Submission (OSS), di gedung Sri Serindit, Ranai, Selasa (10/09/2019).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Natuna, Tasrif Amran, S.Sos. Dihadiri anggota DPRD Natuna, Eryandy dan Wan Arismunandar, dan Ketua APINDO Jhoni Puas.

Dalam sambutannya, Tasrif menyampaikan, peningkatan kualitas pelayanan publik di sektor palayanan perizinan berusaha menjadi salah satu prioritas Pemerintah Pusat maupun daerah.
“Melalui peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2018 tentang pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik, pemerintah hendak melakukan singkronisasi dan harmonisasi semua jenis perizinan berusaha yang diselenggarakan oleh semua instansi lemerintah baik pusat maupun daerah, ke dalam suatu sistem yang terpadu dan sistimetik”, ungkapnya.
Ia juga mengatakan, sebagai tindak lanjut dari hal tersebut, pemerintah membuat suatu Aplikasi pelayanan perizinan dan non perizinan yang di kenal dengan Online Single Submission (OSS) yang merupakan produk bersama antar instansi Pemerintah yang dikoordinatori oleh Kemeterian di bidang perkonomian.
IWAPI bersama Asisten II dan anggota DPRD Natuna.
“Oeh karena itu dengan adanya Online Single Submission (OSS) ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan, kepastian dan kenyamanan kepada pelaku usaha dalam melakukan pengurusan perizinan dan non perizinan sesuai bidang usaha khususnya yang ada di Kabupaten Natuna. Dengan demikian akan banyak Investor yang berinvertasi di Kabupaten Natuna serta memberi kemudahan bagi pengusaha yang ada di daerah dalam mengurus segala proses prizinan, ” ucapnya.
Ia juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kabupaten Natuna yang telah mendukung dalam mensukseskan kegiatan sosialisasi pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik melalui Online Single Submission (OSS) kepada pelaku Usaha Kecil dan Menegah (UKM) yang ada di Kabupaten Natuna.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan, Yeni Pinta, S.Sos mengatakan, sosialisasi ini diikuti sebanyak 50 pelaku UKM se Kabupaten Natuna dibawah binaan IWAPI. Meliputi Kecamatan Bunguran Timur Laut, Bunguran Selatan, Bunguran Barat dan Bunguran Timur.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan kepada pelaku UKM lebih tertib administrasi, dan dapat membantu untuk mengurus izin usahanya secara elektronik berbasis OSS.

“Ya, kita berharap dengan adanya kegiatan ini, bisa membantu pelaku UKM dibawah binaan IWAPI, dapat mengurus izin usahanya secara online”, ujar Yeni Pinta di gedung Sri Serindit.

Pembekalan oleh narasumber.

Yeni mengatakan, masih banyak terdapat pelaku UKM yang belum mempuanyai izin usaha. Nantinya apabila sudah memilik izin tersebut, akan mempermudah mereka soal permodalan.

“Kalau pelaku UKM ini sudah punya izin usaha, nantinya akan mempermudah mereka juga untuk peminjaman modal, jadi tidak ada kendala nya lagi”.

Menurut Yeni, sosialisasi ini baru pertama kali dilaksanakan di Natuna. Kendati hanya berlangsung selama satu hari, mendapat atensi cukup tinggi dari pelaku UKM.

Sosialisasi melibatkan dua orang narasumber yakni, Sumarni merupakan Psilolog P2TP2A Natuna dan Muhammad Zulkarnain dari Dinas PMPTSP Natuna.

Sementara itu, sumber anggarannya dari pemerintah daerah melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

(Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.