Ngesti Minta Petani Fokus Kelola Pertanian

Wabup Natuna Ngesti Yuni Suprapti, panen cabe di Sedarat Baru.

MARWAHEKPRI.COM, NATUNA – Dalam Kunjungan singkatnya ke Desa Sedarat Baru, Kecamatan Bunguran Batubi, Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti, meninjau proses panen komoditi cabe dan sayur gambas.

Orang nomor dua di Kabupaten perbatasan ini, juga turut serta memanen cabe dan gambas bersama pertani. Bahkan, ia mengagumi hasil panen dikelola warga secara alami menggunakan pupuk kompos.

Melihat hasil panen menjanjikan, Ngesti meminta kepada para petani, agar lebih fokus mengelola pertanian. Dengan keseriusan, kedepan hasil diperoleh pasti lebih maksimal.

Ngesti panen sayur gambas di Sedarat Baru.

Jika petani tempatan lebih fokus, bukan tidak mungkin kedepannya, cabe dan sayuran lainnya akan menjadi salah satu komoditi unggulan Sedarat Baru, maupun Kecamatan Bunguran Batubi.

Menurut Ngesti, saat ini permintaan pasar atas komiditi cabe cukup tinggi. Hampir 50 persen pemenuhan kebutuhan Natuna, diperoleh dari luar daerah.

“Saat ini permintaan pasar cukup tinggi, hari ini kita lihat hampir 50 persen kebutuhan cabe didatangkan dari luar daerah”, sebut Ngesti, Selasa (03/09/2019).

Wabup Natuna bersama rombongan tiba di Sedarat Baru.

Pada kesempatan itu, petani tempatan menyampaikan aspirasi kepada Wabup, terkait kendala yang dihadapi dalam bercocok tanam selama ini. Hambatan utama yaitu mengenai kurangnya pasokan air dan pupuk, sehingga menyebabkan hasil panen tak sesuai harapan.

Menyikapi persoalan tersebut, mantan anggota dewan periode 2009-2014 ini, akan segera mencari solusi yang tepat untuk menanggulanginya.

Untuk itu, ia meminta para petani agar tetap konsisten meningkatkan hasil panen. Kedepan, bukan hal mustahil kalau Natuna bisa memenuhi kebutuhan komoditi tersebut secara mandiri.

(Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.