PT SGP Akan Gugat Lagi CV Join Jaya, Donny: Kontraktor Harus Bertanggungjawab

PN Batam bersama kuasa hukum PT SGP dan CV Join Jaya melakukan pemeriksaan setempat di perumahan Pesona Kabil, Senin (26/8/2019)

PN Batam bersama kuasa hukum PT. SGP dan CV. Join Jaya melakukan pemeriksaan setempat di perumahan Pesona Kabil, Senin (26/8/2019)

BATAM (marwahkepri.com) – Pengadilan Negeri (PN) Batam bersama kuasa hukum PT. Sarana Griya Perkasa (SGP) dan kuasa hukum CV. Join Jaya melakukan pemeriksaan setempat untuk memastikan objek persengketaan dan alasan-alasan lain sehingga adanya gugatan wanprestasi antara kedua belah pihak di Pesona Kabil, Nongsa, Senin (26/8/2019).

Donny Victorius, SE.,SH kuasa hukum PT. SGP mengatakan perkara ini merupakan Wanprestasi, dimana salah satu pihak tidak melanjutkan pekerjaan sesuai dengan yang ada diperjanjian, karena spesifikasi yang dibangun jauh dari yangada diperjanjian.

“Contohnya betonnya yang tidak benar itu gampang hancur, jumlah besi besarannya harusnya 8 mm ini hanya 7 mm, ini kan ada kecurangan yang dilakukan oleh kontraktor,”ungkap Donny saat ditemui awak media saat pemeriksaan setempat bersama PN Batam.

Bangunan roboh karena diduga material yang digunakan tidak sesuai dengan yang di perjanjian

Menurut Donny, jika pihaknya tingkatkan kepada pidananya, dan masih menggunakan undang-undang no 18 tahun 1999, kontraktor tersebut bisa dipidana.

“Tapi karena sudah ada undang-undang no 22 tahun 2017, akhirnya kontraktor tidak bisa dipidana, tapi bukan berarti tidak ada proses hukum yang tidak bisa dilanjutkan,”terangnya.

Donny juga mengatakan, setelah Wanprestasi ini, mereka tetap akan melakukan upaya hukum lain, yaitu perbuatan melawan hukum.

“Kita akan gugat lagi, kontraktor harus bertanggungjawab atas kerugian yang dialami oleh PT. SGP,”tegas Donny.

Dalam perjanjian yang dilakukan oleh kedua belah pihak, Donny menjelaskan apabila yang dibangun oleh CV. Join Jaya tidak sesuai dengan spek dalam perjanjian, maka PT. SGP berhak menahan pembayaran. Dan mereka sudah sempat melakukan pembayaran sebesar Rp. 215.000.000, selebihnya mereka tahan karena spek dengan yang di ada di perjanjian tidak sesuai.

“Apabila CV. Join Jaya mau memperbaiki kualitas spek sesuai dengan perjanjian, kita tidak ada masalah, sebab bekerjasama dengan CV. Join Jaya sudah dua kali, dan sudah kita bayar semuanya. Nah, dan yang ini kan ada sebuah kecurangan yang dilakukan oleh kontraktor. Kita kan sedang bangun rumah untuk manusia, bukan kandang ayam yang kita buat,”tutup Donny.(mk/red)

Print Friendly, PDF & Email

1 thought on “PT SGP Akan Gugat Lagi CV Join Jaya, Donny: Kontraktor Harus Bertanggungjawab

  1. Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT. Bakalindo Akses Penjamin (Agen Asuransi) dimana perusahaan kami telah di tunjuk untuk memasarkan Produk Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond – Tanpa Agunan ( N on Collateral) bahkan perusahaan kami telah di Back Up oleh Perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN.
    File Penawaran Terlampir

    JENIS JAMINAN :
    1.Jaminan Penawaran / Bid Bond.
    2.Jaminan Pelaksanaan / Peformance Bond.
    3.Jaminan Uang Muka / Advance Payment Bond.
    4.Jaminan Pemeliharaan / Maintenance Bond.
    5. Jaminan Pembayaran Akhir Tahun / SP2D

    Lines Of Insurance
    1. Custom Bond
    2. Asuransi Cargo
    3. Construction All Risk ( CAR )
    4. Public Liabillity/ Product Liability
    5. Comprensive General Liability (CGL)
    6. Erection All Risk ( EAR )
    7. Workman Compensation Liability ( WCL )
    8. Automobile Liability ( AL )
    9. Marine Hull

    Regards,
    Julian Hamzah
    Call / WA 085217012610
    Website : bapaksespenjamin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.