Menyusul Rencana Pemkab Gelar Perhelatan Tamadun

Rapat pembahasan Perhelatan Tamadun Melayu Antar Bangsa pemerintah Kabupaten Lingga (ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Guna memantapkan persiapan acara besar perhelatan Tamadun Melayu Antar Bangsa yang kedua kalinya, sejumlah pimpinan OPD terkait Kabupaten Lingga menggelar rapat. Dipimpin langsung oleh Bupati Lingga, rapat dilakukan di Hotel Harmoni Batam, Jum’at (23/08/2019) lalu.

Dalam pertemuan itu dibahas mengenai ragam persiapan pelaksanan. Namun ada yang berbeda kali ini, perhelatan tersebut tidak hanya difokuskan pada pelaksanaan hiburan dan kesenian melayu saja, melainkan juga ditonjolkan geliat ekonomi, promosi dan kerjasama yang telah dicapai oleh Kabupaten Lingga.

“Mulai dari SDM, Politeknik, Pariwisata, Pertanian, sentra IKM Kelapa dan sebagainya, tidak hanya itu, nantinya akan ada bincang bisnis, peresmian kawasan industri strategis seperti pabrik pengolahan ikan, pabrik pakan ikan, pabrik air mineral dan lain sebagainya,” kata Bupati Lingga, Alias Wello saat memimpin rapat.

Termasuk Festival Gunung Daik, yang didalamnya akan ada serangkaian acara pendakian, serta bersepeda dan juga ikrar bersama para pemuda.

“Khusus untuk acara yang dikelola oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, akan ditampilkan Gebyar Wisata Lingga, Off Road and Fishing Day, Festival Band, gerak jalan, serta festival kuliner yang berasal dari sagu,” ungkap dia.

Sedangkan untuk kegiatan diskusi investasi yang dijadwalkan akan dihadiri oleh lebih kurang 70 peserta tersebut akan dikelola langsung oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lingga, didalamnya juga akan dibahas mengenai potensi Kawasan Industri Sebayur, potensi sagu, Sungai Tenam sebagai sentra industri perikanan, serta bisnis halal food.

“Terdapat juga bazar-bazar yang akan mempromosikan produk-produk IKM seperti minyak goreng, hasil sabut kelapa, tempurung dan sebagainya. Bazar ini, selain untuk tujuan pameran produk, nantinya juga akan menampung hasil-hasil produk masyarakat, serta akan dicarikan pangsa pasar untuk distribusi,” jelas dia.

Pemkab juga berencana meresmikan sebuah Politeknik di Kabupaten Lingga yang akan diberi nama Politeknik Sultan Mahmud Riayat Syah.

“mari kita persiapkan diri untuk menyambut perubahan Kabupaten Lingga ke arah yang lebih baik,” imbuh dia.

Tamadun Melayu dikabarkan akan digelar bertepatan pada peringatan hari jadi Kabupaten Lingga yang ke-16 pada tanggal 20 November hingga 27 November 2019. Didalamnya akan ada kegiatan Lingga Batik, Lingga Photo Explore, Lingga Painting’ dan sebagainya. (MK/Wly)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.