SDN 06 Simpang Perak Jaya Miliki Ruang Kelas yang Unik

Kepala SD Negeri 06 Simpang Perak Jaya, Zaidar Candra menunjukkan ruang kelas di sekolahnya kepada media ini, Selasa (20/8/2019). (F:Sona)

Kepala SD Negeri 06 Simpang Perak Jaya, Zaidar Candra menunjukkan ruang kelas di sekolahnya kepada media ini, Selasa (20/8/2019). (F:Sona)

SIAK (marwahkepri.com) – SD Negeri 06 Simpang Perak Jaya, Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, Provinsi Riau memiliki ruang kelas yang terlihat begitu unik dan indah bagaikan sebuah taman.

Setiap dinding ruang kelas dihiasi pernak pernik lukisan yang indah. Disetiap pojok-pojok ruang juga dibuat tempat bermain bagi anak-anak, bahkan ada tempat sholat yang seadanya. Hampir setiap ruangan kelas juga terlihat telah tersedia galon air minum yang lengkap dengan gelas-gelasnya. Sebagian ruangan juga dilengkapi dengan lemari buku dan tempat peralatan belajar. Lebih uniknya lagi disetiap pojok ruangan kelas ada rak buku bacaan.

Kepala SD Negeri 06 Simpang Perak Jaya, Zaidar Candra yang ditemui diruang kerjanya Selasa (20/8/2019) mengaku, hasil dari kreatifitasnya itu memberi dampak positif bagi anak didiknya.

“Berkat literasi atau pojok bacaan itu sekarang minat baca siswa cukup tinggi,” ucapnya.

Dikatakan Zaidar, gagasan literasi itu timbul dari melihat kurangnya minat baca anak. Setelah dibuat pojok bacaan di setiap ruangan kelas, ditambah pernak pernik lukisan hiasan di dinding, anak-anak pun menjadi betah didalam ruang kelas karena terasa seperti dirumah sendiri.

“Karena didalam ruangan kelas telah tersedia rak buku yang disebut dengan “pojok bacaan,” setiap hari siswa diharuskan membaca buku selama 15 menit sebelum kegiatan belajar dimulai. Sehingga minat baca siswa yang tadinya malas membaca, sekarang jam istrahat saja dimanfaatkan untuk membaca didalam kelas. Terlebih lagi buku yang disediakan adalah buku cerita yang menambah ilmu dan wawasan anak,” jelasnya.

Selain telah mendesain setiap ruangan belajar menjadi indah, Zaidar mengaku juga akan membenahi koridor diluar ruangan.

“Yaitu merenovasi koridor teras beberapa ruangan kelas hingga ke kantor sekolah dengan memasang keramik. Semua kran air dan WC yang sudah rusak juga akan direnovasi, sehingga siswa terasa nyaman,” tukasnya. (Sona)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.