Presiden Jokowi: Pemerintah akan Terus Jaga Kehormatan dan Kesejahteraan Papua

Presiden Jokowi bertemu awak media di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/8/2019). (F:ist)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Presiden Joko Widodo menegaskan komitmen pemerintah yang akan terus menjaga kehormatan dan kesejahteraan warga Papua dan Papua Barat.

“Yakinlah bahwa pemerintah akan terus menjaga kehormatan dan kesejahteraan pace, mace, mamak-mamak, yang ada di Papua dan di Papua Barat,” kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Terkait kejadian di Manokwari, Papua Barat, Presiden Jokowi mengaku dirinya memahami perasaan warga Papua dan Papua Barat bahwa ada ketersinggungan. Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh warga Papua dan Papua Barat untuk bersabar dan saling memaafkan.

“Saudara-saudaraku, pace, mace, mamak-mamak di Papua, di Papua Barat, saya tahu ada ketersinggungan. Oleh sebab itu, sebagai saudara sebangsa dan setanah air yang paling baik adalah saling memaafkan,” ujarnya.

Sebelumnya, situasi di Manokwari memanas, Senin (19/8) pagi, usai mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa. Aksi juga disertai pembakaran gedung DPR dan MRP Papua Barat.

Aksi tersebut merupakan buntut dari penyerangan terhadap asrama mahasiswa Papua di Surabaya, dan insiden di Malang, Jawa Timur.

Di Surabaya, pengepungan terjadi karena dilatari dugaan perusakan Bendera Merah Putih. Diketahui 43 mahasiswa Papua kemudian dibawa ke Mapolrestabes Surabaya. Usai menjalani pemeriksaan, 43 mahasiswa itu dipulangkan. (ril)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.