Walikota Batam Kukuhkan Anggota Paskibra Tingkat Kota Batam

Anggota Paskibraka mencium bendera Merah Putih secara bergantian dalam kegiatan pengukuhan Paskibraka Tingkat Kota Batam Tahun 2019 bertempat di ruang Engku Hamidah Kantor Walikota, Rabu (14/8/2019) malam. (F:hum)

BATAM (marwahkepri.com) – Walikota Batam, Muhammad Rudi mengukuhkan Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Batam Tahun 2019 bertempat di ruang Engku Hamidah Kantor Walikota, Rabu (14/8/2019) malam.

Sebanyak 35 pelajar utusan dari SMA di Kota Batam akan bertugas sebagai pengibar bendera pada upacara HUT RI ke-74 Tingkat Kota Batam, Sabtu (17/8/2019) mendatang. Para anggota Paskibraka sebelumnya telah mengikuti pelatihan dan dikarantina selama 20 hari di bawah binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Batam.

”Selamat buat kalian semua. Kalian sudah selesai menjalani latihan. Dengan dikukuhkan malam ini, resmi menaikkan bendera pada hari Sabtu nanti,” ucap Rudi dalam arahannya.

Dengan janji sebagai Paskibraka untuk mengamalkan Pancasila, kata Rudi, maka seharusnya janji itu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Mengamalkan pancasila tidak mudah, dengan hati yang ikhlas insya Allah bisa. Kalian punya tanggungjawab bersama kami untuk membela Negara ini,” ujarnya.

Rudi juga berpesan agar seluruh anggota Paskibraka dapat menjaga fisik dan kesehatan sebelum melaksanakan tugas pada hari Sabtu, saat upacara detik-detik Proklamasi dan penurunan bendera.

“Semoga pada pelaksanaan 17 Agustus nanti, adik-adik semua bisa memberikan yang terbaik sesuai yang kita inginkan. Kepada instruktur yang sudah melatih dan memberikan pembinaan selama ini kami ucapkan terimakasih,” tuturnya.

Pengukuhan anggota Paskibraka diawali dengan pembacaan pengantar ikrar oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Batam, Hendriana Gustini. Dilanjutkan dengan pembacaan ikrar putra Indonesia yang dipimpin oleh Walikota Batam dan diikuti seluruh anggota Paskibraka.

Suasana khidmat pengukuhan anggota Paskibraka Kota Batam kian terasa ketika masing-masing anggota Paskibraka mencium bendera Merah Putih secara bergantian.

Disaksikan orangtua dan keluarga anggota Paskibraka, Rudi memasangkan Kendit kepada perwakilan Paskibraka dan dilanjutkan dengan penandatanganan ikrar. Pengukuhan anggota Paskibraka bermakna memiliki jiwa ksatria dan satu perkataan dan perbuatan untuk rela berkorban dan bertanggungjawab untuk membela ibu pertiwi serta sebagai pelopor pembaharuan Indonesia. (mc)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.