Cuaca Ekstra, BMKG Himbau Waspada KARHUTLA

Ilustrasi kebakaran hutan (ist)

Ilustrasi kebakaran hutan (ist)

Lingga – (marwahkepri.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kelas III Dabo Singkep, Kepulauan Riau, memprakirakan secara umum kondisi cuaca di Kabupaten Lingga untuk 3-4 kedepan memasuki cuaca ekstra (zona merah) dan berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA), ditinjau dari analisa parameter cuaca BMKG.

Dari analisa yang diperkirakan BMKG, Kapala BMKG, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, untuk saat ini belum hujan dikarenakan kelembapan udara yang cukup rendah dan ditambah kecepatan angin yang tinggi dilapisan atas wilayah Kabupaten Lingga, Hingga berpotensi pertumbuhan awan-awan konvektif menjadi berkurang.

“Secara umum kondisi diperkirakan cerah berawan hingga berawan, jadi masih sangat berpotensi terjadinya kebakaran hutan,” kata dia saat dikonfimasi marwahkepri.com, Rabu (07/08/2019).

Sementara itu, agar tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar, dan membuang api atau putung rokok di ilalang yang kering.

“Saya menghimbau untuk pemilik lahan dan masyarakat yang perokok untuk menghindari hal tersebut, karena sangat berpotensi sekali untuk saat ini,” harap dia. (MK/Wly)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.