Pelatihan Adab T3 untuk Pendidikan Lingga

Pelatihan Adab Tepuk Tepung Tawar oleh LAM Kabupaten Lingga (ist)

Pelatihan Adab Tepuk Tepung Tawar oleh LAM Kabupaten Lingga (ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepulauan Riau Kabupaten Lingga melakukan pelatihan pertama kali terkait pelestarian adab Tepuk Tepuk Tawar dengan melibatkan sejumlah pendidik dalam wadah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dari beberapa kecamatan, Sabtu (03/08/2019).

Menurut Ketua LAM Kabupaten Lingga, Dato’ Ishak menerangkan fokus kegiatan pelatihan tentang adat terkait sengaja di fokuskan untuk tenaga pendidik. Hal demikian dimaksud agar penambahan budaya lokal dapat dilestarikan dan meregenerasi dalam ruang lingkup sekolah. Sehingga para generasi, tahu dan paham tentang adat istiadat daerah, bahkan ikut membudaya supaya tidak punah digerus globalisasi.

Apalagi adat istiadat Tepuk Tepung Tawar telah dibukukan, dan sudah diakui negara sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) nasional yang berasal dari kabupaten.

“Kalau ada Kepala Sekolah baru, boleh kita lakukan Tepuk Tepung Tawar, ada penerimaan siswa baru boleh,” kata dia menjelaskan.

Dia berharap, para guru yang hadir dapat mencermati setiap bahasan yang diterangkan. Mulai dari pemahaman teori, maksud, filosofi, hingga teknis bagaimana melakukan Tepuk Tepung Tawar, kemudian direpostkan untuk anak didik, bahkan diterapkan dilingkungan sekolah.

Selain bercerita hal tersebut, dalam pertemuan itu juga menyinggung sejarah hingga kekayaan khasanah Kabupaten Lingga sebagai Bunda Tanah Melayu.

Dunia pendidikan dianggap perlu dimasukkan pemahaman budaya daerah dalam bentuk mata pelajaran muatan lokal.

Dikatakan Dato’Ishak, Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga dan Dinas Kebudayaan telah memasukkan muatan lokal sebagai salah satu mata pelajaran yang harus dipelajari di sekolah-sekolah dasar maupun menengah pertama.

“Jadi dalam waktu dekat, akan ada muatan lokal sebagai salah satu mata pelajaran yang menguatkan pengetahuan daerah untuk anak didik,” jelas dia. (MK/Wly)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.