Ungguli Jakarta, Kepri Posisi Kedua Penyumbang Kunjungan Wisman Terbanyak

Penumpang kapal fery dari Singapura maupun Malaysia memadati pintu kedatangan saat tiba di Pelabuhan Internasional Batamcenter beberapa waktu lalu. (F:ist)

Penumpang kapal fery dari Singapura maupun Malaysia memadati pintu kedatangan saat tiba di Pelabuhan Internasional Batam Center beberapa waktu lalu. (F:ist)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Kepulauan Riau (Kepri) berhasil menduduki posisi kedua sebagai penyumbang kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) terbanyak semenjak bulan April. Kepri berada dibawah Provinsi Bali dan diatas DKI Jakarta.

Tercatat hingga Mei 2019 jumlah wisman yang datang ke Kepri mencapai 1.137.976 orang atau 17.86 persen dari total jumlah wisman yang datang ke Indonesia. Sementara Provinsi Bali telah dikunjungi 2.305.802 wisman atau 36.19 persen. Sedangkan DKI Jakarta yang saat ini berada di urutan ke-3 hanya dikunjungi wisman sebanyak 946.509 orang atau 14. 86 persen. Sisanya turis masuk menyebar dari sejumlah provinsi yang ada di Indonesia.

Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto mengatakan bahwa sektor pariwisatalah yang telah mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisman ke Kepri, terutama Batam dan Bintan. Indahnya sejumlah destinasi wisata yang dimiliki Kepri, serta akses yang sangat mudah karena berada diposisi terdepan membuat Kepri menjadi primadona kedua wisman di tahun 2019.

“Ini merupakan bukti dari apa yang selalu saya katakan. Bahwa kita, Kepulauan Riau, memiliki destinasi wisata yang luar biasa dan sektor ini tidak pernah ada habisnya selama kita masih mau berinovasi dan berkreasi,” kata Plt. Gubernur, Rabu (31/7/2019).

Bukan tidak mungkin, lanjut Isdianto, suatu saat nanti Kepri bisa mengungguli Bali. Hal ini mengingat Kepri memiliki semua Sumber Daya Alam (SDA) yang memungkinkan untuk itu dan letak geografis yang diuntungkan.

“Selama kita kompak dan terus membangun komunikasi yang baik satu sama lain. Insya Allah kita bisa melakukannya secara bersama-sama. Apalagi hubungan kita dengan Singapura juga semakin baik. Kita punya SDA dan mereka punya koneksi, hal itulah yang perlu kita padukan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar mengatakan bahwa peringkat kedua yang dicapai Provinsi Kepri dapat dipastikan akan bertahan hingga akhir tahun 2019 ini.

“Kita prediksi hal ini akan bertahan hingga akhir tahun. Awalnya kita memprediksi jika Kepulauan Riau ini baru bisa mengungguli DKI di tahun 2020. Ternyata kita bisa melakukannya lebih cepat,” katanya. (mc)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.