Pelindo I Luncurkan Aplikasi “Nyebrang Yuk”. Pesan Tiket Kapal Kini Lebih Mudah

Pelepasan balon sebagai tanda peluncuran aplikasi Nyebrang Yuk, Minggu (28/7/2019) di Gedung Daerah, Tanjungpinang. (F: ist)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Pelabuhan Indonesia 1 (Pelindo 1) meluncurkan aplikasi pemesanan tiket kapal penyeberangan antar, Minggu (28/7/2019) di Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Peluncuran layanan E-Commerce pemesanan tiket dengan  nama “Nyebrang Yuk” tersebut ditandai dengan pelepasan balon oleh Plt Gubernur Kepri Isdianto, disaksikan Direktur Operasi dan Komersial Pelindo I Syahputera Sembiring, Deputi Kepala Perwakilan BI Kepri Gunawan, Staf Ahli Pemko Tanjungpinang Bidang Ekonomi dan Pembangunan Marzul Hendri, Direktur Operasi, dan General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang Arif Indra Perdana.

Nyebrang Yuk merupakan sebuah aplikasi pemesanan tiket kapal penyeberangan antar pulau perdana di Indonesia milik Pelindo 1 yang bisa diunduh melalui Google Play. Untuk App Store sendiri dijadwalkan hadir pada pertengahan Agustus mendatang.

Dengan mengakses aplikasi ini, masyarakat tidak perlu lagi bertatap muka ataupun mengantre. Tiket penyeberangan antar pulau bisa didapat kapan dan di mana saja. Aplikasi ini mampu memberikan data penumpang secara digital di setiap pelayaran yang divalidasi menggunakan kartu identitas penumpang secara realtime.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo I Syahputera Sembiring menjelaskan, saat ini Nyebrang Yuk sudah bisa dinikmati oleh masyarakat yang berangkat dari Terminal Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang menuju Batam. Tidak lama lagi aplikasi tersebut juga akan melayani penyebrangan ke berbagai daerah lainnya, seperti Tanjungbalai Karimun, Galang, Moro, Tanjung Batu, Pulau Bukit, Tajur Biru, Sei Tenam, Senayang, Pancur, Cempa, Mensana, Dabo Singkep (Jago).

Untuk langkah awal ini, implementasi aplikasi di terminal penumpang Pelabuhan SBP, Pelindo 1 menggandeng perusahaan pelayaran Marina Group. Selanjutnya, aplikasi ini nantinya akan bekerja sama dengan para operator pelabuhan dan perusahaan pelayaran lainnya di seluruh wilayah di Indonesia.

Syahputera menjelaskan, aplikasi yang didesain mudah dioperasikan ini membuat masyarakat bebas memilih kapal dan memilih destinasi yang diinginkan. Ada beberapa pilihan metode pembayaran elektronik (cashless).

“Selain melalui aplikasi Nyebrang Yuk, masyarakat juga bisa membeli tiket kapal laut secara langsung di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura melalui Self Service Kiosk dengan sistem pembayaran menggunakan debet (ATM),” tambahnya.

Lewat aplikasi ini, Pelindo 1 mengajak para perusahaan pelayaran dan operator pelabuhan untuk menggunakan Nyebrang Yuk untuk  mendukung Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan pemerintah. Aplikasi Nyebrang Yuk dan Self Service Kiosk mendukung Kota Tanjungpinang dalam mengembangkan konsep smart city.

Syahputera menegaskan, aplikasi ini dapat menjadi pilot project untuk seluruh pelabuhan penumpang di Indonesia yang juga diharapkan mampu mendorong sektor pariwisata sehingga memudahkan wisatawan membeli tiket secara online dari mana saja.

Plt Gubernur Kepri Isdianto juga mengapresiasi gagasan Pelindo 1 membuat aplikasi yang semakin memudahkan masyarakat. Ia pun mengajak masyarakat mendukung keseriusan Pelindo 1 dalam memberikan layanan terbaiknya. (mk/mc)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.