Warga Desa Kuala Terusan Keluhkan Perilaku Pj Kades

Pj Kades Kuala Terusan Kumnasril S.Pdi. (F:ist)

Pj Kades Kuala Terusan Kumnasril S.Pdi. (F:ist)

PELALAWAN (marwahkepri.com) – Sejumlah masyarakat Desa Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau mengeluhkan perilaku Pj Kades Kuala Terusan yang seolah tidak peduli dengan persoalan warganya.

Kairun (37), Herianto (41) Suardi (44) dan Junaidi menyatakan keluhan itu didasari oleh tidak pernah hadirnya Pj Kades tersebut dalam rapat bersama warga terkait persoalan lahan seluas 1000 Ha. Dimana lahan itu telah dikuasai oleh pihak lain dengan modus perkebunan kelompok tani, bernama Tanjung Mandiri.

“Alasan pak Pj Kades, karena permasalahan itu terjadi bukan pada masa jabatannya. Dia baru menjabat beberapa bulan lalu. Makanya dia tidak mau ikut campur,” jelas warga kepada media ini pada Kamis (25/7/2019) ketika berkunjung di Kuala Terusan bersama tim LBH Brata Jaya Riau.

Kairun mengaku pernah menyampaikan langsung masalah lahan tersebut kepada Pj Kades, namun jawaban yang didapat justru mengecewakan. Permasalahan lahan tersebut pun kini telah dikuasakan kepada LBH Braya Jaya Riau dan sedang dalam proses hukum yang ditangani oleh Polda Riau.

Selain malasah lahan tersebut, permasalahan kerambah di Desa Kuala Terusan juga tidak mau ditanggapi. Begitu juga masalah setrum ikan yang hampir setiap malam terjadi di Sungai Kampar di daerah Desa Kuala Terusan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Pj Kades malah malah menyuruh masalah tersebut dilaporkan kepada BPD (Badan Permusyawaratan Desa).

“Seorang kades sebagai pimpinan di desa seharusnya tanggap dan peduli dalam setiap persoalan yang terjadi kepada warganya. Bukan malah buang badan apa lagi sampai tidak mau tahu,” ujar Herianto.

Ketua BPD Kuala Terusan Hendri yang dimintai tanggapannya atas perilaku Pj Kades tersebut mengaku dalam setiap rapat atas masalah lahan itu selalu menghubungi Pj kades melalui via telefon atau apliasi WhatsApp.

“Ketika dipertanyakan, bukan tidak mau tanggap pada masalah warganya, tapi Kades beralasan karena tidak mengetahui persoalan lahan itu,” ucapnya.

Lanjut Hendri, selaku pejabat BPD ia harus netral. Pihaknya tidak menyimpulkan jika perilaku Pj Kades tersebut menyalahi, sebab masalah lahan itu adalah masalah besar dan Pj Kades itu baru menjabat beberapa bulan, namun ia berharap supaya Pj Kades dapat aktif membantu kepentingan warganya kedepan.

Sementara itu hingga berita ini diturunkan, Pj Kades Kuala Terusan Kumnasril S.Pdi yang dihubungi belum mengangkat teleponnya. (Sona)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.