Bertemu Dubes RI untuk Romania, Isdianto Tekankan Pentingnya Pengembangan Pariwisata Kepri

Plt Gubernur H Isdianto (kiri) dan Duta Besar RI untuk Romania M Amhar Azeth dalam pertemuan yang digelar di Kantor Gubernur, lt.4, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Senin (22/7/2019). (F:ist)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Plt Gubernur H Isdianto yakin sejumlah potensi yang dimiliki oleh Kepulauan Riau (Kepri) seperti dalam bidang pariwisata, perikanan dan pertanian jika terus dikembangkan secara konsisten akan memberikan manfaat yang positif.

“Sinergitas dan komitmen semua pihak terkait sangat penting dalam upaya meningkatkan potensi yang dimilki Kepri,” kata Isdianto saat menerima kunjungan Dubes RI untuk Romania di ruang kerjanya, Kantor Gubernur, lt.4, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Senin (22/7/2019).

Kedatangan Dubes RI untuk Romania M Amhar Azeth disambut baik oleh Isdianto. Apalagi dalam pertemuan tersebut dibahas sejumlah paparan terkait upaya mengenalkan potensi pariwisata di Kepri.

“Inti dari ini semua adalah agar Kepri semakin dikenal, tentu dengan itu maka semakin banyak pula orang yang datang berkunjung dan dengan itu roda ekonomi akan semakin baik,” lanjut Isdianto.

Namun menurut Isdianto, banyak hal yang masih perlu untuk terus ditingkatkan dalam memuluskan jalan menuju akses pariwisata misalnya, infrastuktur di Kepri yang dinilai Isdianto masih belum sepenuhnya mendukung.

“Ini menjadi perhatian kita, Pemerintah Daerah dengan keterbatasan anggaran juga terus menggesa Pemerintah Pusat agar ikut bersama membangun berbagai proyek strategis salah satunya infrastruktur,” tambah Isdianto.

Berbicara tentang pariwisata, Isdianto optimis bahwa Kepri yang saat ini menjadi penyumbang devisa terbesar ketiga secara nasional bias menyandang predikat pertama jika lebih serius untuk ditingkatkan.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Romania M Amhar Azeth mengatakan bahwa tujuan kedatangannya ke Kepri adalah untuk menyampaikan pada bulan September mendatang akan digelar Indonesian Festival 2019 di Romania dan Republik Moldova.

“Salah satu prioritas pelaksanaan program diplomasi ekonomi KBRI Bucharest sendiri adalah melakukan upaya peningkatan kerjasama perdagangan, investasi, pariwisata dan insdustri, dan kegiatan ini diharapkan menjadi ajang promosi untuk Indonesia,” kata Amhar.

Amhar melanjutkan bahwa empat Provinsi di Sumatera akan ikut andil dalam menonjolkan bidang pedagangan, promosi budaya-pariwisata dan investasi. Keempat Provinsi tersebut adalah Aceh, Sumatera Selatan, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau.

Kepri diundang hadir karna beberapa pertimbangan antara lain secara nasional Kepri unggul dalam hasil ikannya, Kepri memiliki sumber destinasi wisata yang melimpah serta merupakan daerah yang tepat untuk berinvestasi.

“Jika bapak berkenan mohon dikirimkan OPD terkait yang membahas tentang investasi,” lanjutnya.

Dalam kegiatan itu nantinya ditambahkan Amhar akan disediakan stand-stand untuk pameran dagang (promosi produk unggulan daerah di sektor pertanian, perkembunan, pertambangan, perikanan, kain tradisional furnitur dan lainnya), pagelaran seni dan budaya, promosi pariwisata, promosi kuliner, peragaan busana dan dialog bisnis. (hum)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.