Amankan Sejumlah Dokumen, KPK Geledah 3 Kantor Dinas Pemprov Kepri Sekaligus

Kantor dinas Perhubungan Kepri yang berada di Jl Raja Haji Fisabilillah Kilometer V atas, Tanjungpinang juga dilakukan penggeledahan oleh KPK, Selasa (23/7/2019).(F: HADI MAULANA)

 

Kantor dinas Perhubungan Kepri yang berada di Jl Raja Haji Fisabilillah Kilometer V atas, Tanjungpinang juga dilakukan penggeledahan oleh KPK, Selasa (23/7/2019).(F: HADI MAULANA)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) menggeledah sejumlah kantor dinas di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri. Penggeledahan pertama berlangsung di Kantor Dinas Perhubungan Kepri di Jalan Raja Haji Fisabilillah Kilometer V Atas, Tanjungpinang, pada Selasa (23/7/2019) kemarin.

Dari penggeledahan tersebut, petugas KPK membawa 3 koper besar.KPK sebelumnya juga melakukan penggeledahan di rumah pribadi Gubernur Kepri non aktif Nurdin Basirun di Tanjungbalai Karimun, Karimun, Kepukauan Riau.

Belum diketahui pasti apakah penggeledahan di Kantor Dishub Kepri ada kaitannya dengan kasus yang saat ini menjerat Nurdin.

Penggeledahan yang dilakukan petugas KPK ini mendapatkan pengawalan ketat dari personel Shabara Polres Tanjungpinang. Salah seorang pegawai Dishub Kepri menyebut, penggeledahan dilakukan di ruang Kepala Dinas Dishub Kepri.

“Benar ada penggeledahan, pagi tadi datangnya. Tapi jangan tanya saya lah, saya juga tidak tahu apa-apa ini. Mereka datang dan mengaku dari KPK bersama personel kepolisian dari Polres Tanjungpinang,” kata pegawai yang enggan disebut namanya itu, Selasa (23/7/2019).
Penggeledahan sendiri dilakukan 9 petugas KPK. Lima di antaranya masih terlihat melakukan penggeledahan di ruang kerja Kadishub Kepri.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP Efendri Ali yang dihubungi melalui telepon membenarkan penggeledahan ini. Namun, ia tak bisa berkomentar banyak terkait penggeledahan tersebut. “Kami sifatnya hanya pengawalan, ya kami murni mengawal saja,” kata Ali. Saat berita ini diturunkan, proses penggeledahan masih berlangsung.

Selanjutnya tim KPK menggeledah Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kepri dan Kantor Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kepri yang berada di kompleks perkantoran Pemerintahan Provinsi Kepri, Dompak, Tanjungpinang, pada hari yang sama.

Pantauan di lapangan, personel dari Sabhara Polres Tanjungpinang, Satreskrim dan Intelkam Polres Tanjungpinang, tampak berjaga di dalam pintu kaca ruangan DLHK. Terlihat juga tim KPK membawa satu koper besar berwana biru ke dalam ruangan. Selain itu, tiga orang tim KPK menggunakan rompi yang bertuliskan KPK dan menggunakan masker terlihat keluar masuk dari ruangan DLHK Provinsi Kepri.

“Iya, ruangan kepala dinas yang diperiksa,” kata salah satu pegawai DLHK Provinsi Kepri yang enggan disebutkan namanya, Selasa. Dari penggeledahan yang dilakukan di kantor DLHK Kepri, tim KPK membawa sejumlah dokumen. Hanya saja, belum diketahui dokumen apa yang diamankan KPK tersebut. Dari kantor DLHK, petugas KPK melajutkan melakukan penggeledahan ke Kantor ESDM Kepri yang berada di lantai II.

Dari penggeledahan di Kantor ESDM, KPK juga mengamankan sejumlah dokumen. Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Efendri Ali mengatakan, pihaknya hanya melakukan pengamanan. Ada 6 personel yang diturunkan untuk melakukan pengamanan dengan dilengkapi senjata lengkap. “Pengamanan dilakuakan sampai mereka selesai melakukan pemeriksaan,” ujar Ali. (mk/kom/r)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.