Asdep Kemenko Maritim Apresiasi Kinerja SAR Natuna

Asdep Navigasi Keselamatan Kemenko Maritim dan Kepala Basarnas Natuna.

MARWAHKEPRI.COM, NATUNA – Asisten Deputi Navigasi dan Keselamatan Maritim Kemenko Maritim, Ali Sibro Malisi, meninjau fasilitas Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna, Rabu (24/07/2019).

Kunjungan ini disambut hangat Kepala KPP Natuna, Mexianus Bekabel, di kantornya di jalan Adam Malik, Kelurahan Bandarsyah, Ranai.

Usai penyambutan sederhana, didampingi Mexianus, Ali Sibro meninjau langsung segala fasilitas penyelamatan Operasi Resque dimiliki SAR perbatasan ini.

Mexi mengakui, KPP Natuna masih terkendala keterbatasan alat utama (alut) penyelamatan laut dan darat. Disamping itu, peningkatan skill Sumber Daya Manusia (SDM) dan jumlah personil belum memadai.

Kendati dengan segala keterbatasan, pihaknya harus menjangkau dua Kabupaten di perbatasan NKRI, yakni Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Disampaikannya, dukungan alut penyelamatan darat paling dibutuhkan saat ini seperti, mobile akses ke lokasi, tenda, radio, dan posko. Sedangkan alut penyelamatan laut, dibutuhkan dermaga baru untuk kapal KN SAR 245 Sasikirana. Pasalnya, saat ini masih nyandar di pelabuhan Penagi, milik Dinas Perhubungan.

Untuk alut penyelamatan udara, seperti helicopter resque, pihaknya masih didukung SAR Tanjungpinang.

“Meskipun dukungan Alut kita belum maksimal, kita tetap bekerja semaksimal mungkin”, jelasnya.

Mexi berharap, dengan adanya kunjungan Asdep Navigasi dan Keselamatan dari Kemenko Maritim, dapat menyampaikan aspirasi ini ditingkat Kementerian.

Menanggapi hal tersebut, Ali Sibro berjanji akan menyampaikan segala kendala SAR Natuna melalui rakor Kemenko Maritim.

Menurutnya, membangun Natuna sebagai daerah perbatasan, tidak terlepas dari faktor keselamatan. Harus diutamakan dan didukung fasilitas sarana dan prasarana memadai.

“Nanti akan tetap kita sampaikan melalui rapat koordinasi Kemenko Maritim tentang pembangunan Natuna secara umum, dan khususnya tentang poin-poin yang kita bahas ini juga akan menjadi bahan masukan”, terangnya.

Ali Sibro mengapresiasi kinerja SAR Natuna, meski dengan segala keterbatasan, tidak menyurutkan semangat pengabdian para personil di perbatasan NKRI.***

(Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.