Wabup Natuna Hadiri Penutupan STQ Tingkat Nasional di Kalbar

Wabup Natuna Ngesti Yuni Suprapti duduk diantara undangan lainnya.

MARWAHKEPRI.COM, NATUNA – Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti, menghadiri acara penutupan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke XXV tingkat nasional tahun 2019, di Pontianak, Kalimantan Barat.

Giat dipusatkan di Taman Alun Kota Pontianak tersebut, ditutup oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifudin, tanggal 5 Juli 2019.

Agenda bernuansa Islami ini dihadiri seluruh Kepala Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia, Ketua Umum LPTQ nasional dan daerah, tokoh nasional.

Dalam sambutannya, Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifudin, mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara dengan sukses.

Lukman berharap, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kecintaan umat Islam terhadap Al-Qur’an dan Hadits, sebagai tema sentral pelaksanaan musabaqoh, baik dari segi hafalan maupun pemahaman.

Menurutnya, Al-Qur’an memiliki fungsi penting sebagai referensi menghadapi dinamika kehidupan, dan inspirasi mewujudkan kehidupan lebih baik.

Karena itu, dibutuhkan upaya-upaya untuk meneruskan tradisi kecintaan terhadap Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, dari generasi ke generasi.

Diharapkan kepada segenap peserta, agar terus dapat menempatkan diri, memegang peranan sebagai pelopor untuk meneruskan upaya bersama dalam mengentaskan buta aksara Al Qur’an dilingkungannya.

Selain itu, diharapkan pula fokus kebijakan strategis kepada pemerintah daerah, untuk terus berupaya menggiatkan berbagai kegiatan pembinaan Al Qur’an, melalui perhatian terhadap para guru mengaji, memanfaatkan berbagai fasilitas dengan kegiatan kajian-kajian agama.

Hal ini penting disampaikan, karena pemahaman terhadap agama merupakan sebuah keniscayaan, sebagai pedoman dalam menjalankan bangsa dan negara sebagai bagian tidak terpisahkan.

“Agar cara berfikir kita lebih membangun, karena agama bagi bangsa ini adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan bernegara dan berbangsa”, sebut Lukman.

Berdasarkan hasil keputusan Dewan Hakim STQ XXV, menetapkan Kafilah DKI Jakarta sebagai Juara Umum, disusul urutan 10 besar dari Kafilah Banten, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Aceh, Jawa Barat, Riau, Sumatera Barat, Papua Barat, Sumatera Selatan dan terakhir dari Kafilah Jambi.***

(Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.