Dinas Kesehatan, Cegah Malaria di Pulau Duyung

Kasi Penanganan Penyakit Menular di DKPPKB Lingga, Adhe Permanna Putra memberikan pemahaman bahayanya deman malaria, (ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Sejumlah petugas Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga turun ke Desa Pulau Duyung, Kecamatan Katang Bidare untuk melaksanakan Mass Blood Survey (MBS), Selasa (05/03/2019). Dipilihnya desa tersebut, karena dari Januari-Maret sudah ada yang positif malaria sebanyak 4 orang.

Munculnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Lingga, menjadi perhatian serius DKPPKB Lingga.

Menurut Kasi Penanganan Penyakit Menular di DKPPKB Lingga, Adhe Permanna Putra mengatakan, untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah kasus DBD ini, pihaknya berusaha terjun langsung ke tempat-tempat yang terdapat warga positif DBD.

“Kami langsung turun ke lapangan untuk aksi, jadi kami dari Dinkes akan terus bekerja semaksimal mungkin untuk menurunkan angka-angka penyakit menular di wilayah kerja kami,” ujar dia.

Selaim MBS, kata dia sejumlah kegiatan lain juga dilakukan seperti cek darah serta melakukan survei jentik dan Indoor Residual Survey (IRS) atau penyemprotan dinding rumah dengan obat untuk membunuh nyamuk.

Sebelumnya, Dinkes juga telah melakukan fogging di wilayah Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep tepatnya di seputaran rumah yang positif DBD.

Setelah Desa Pulau Duyung ini, besoknya, Rabu (06/3/2019) aksi mereka berlanjut ke Kelurahan Pancur di Kecamatan Lingga Utara untuk melakukan fogging.

Rencana itu akan dilanjutkan dengan gotong royong bersama masyarakat setempat. Sebab untuk mendapatkan hasil maksimal, menurut Ade Permanna Putra kurang efektif jika hanya membutuhkan pertolongan dinas.

“Untuk sama-sama membasmi penyakit menular akan dibantu oleh masyarakat untuk goro membersihkan tempat-tempat yang dicurigai menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk,” jelas dia. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.