Oknum Bintara Polres Pelalawan Diduga Lakukan Pengisian BBM dengan Jirigen

SPBU PT KSO 14.2836109 yang ada di Jln.Lintas Timur, KM 78, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kab.Pelalawan.

SPBU PT KSO 14.2836109 yang ada di Jln.Lintas Timur, KM 78, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kab.Pelalawan. (F:ist)

PELALAWAN (marwahkepri.com) – Sesuai aturan yang diberlakukan oleh Pertamina bahwa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dilarang untuk menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, termasuk jenis premium dan solar bersubsidi kepada konsumen yang menggunakan jerigen.

Akan tetapi, beda halnya dengan SPBU PT KSO 14.2836109 yang berada di Jln. Lintas Timur, KM 78, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan. Di SPBU satu ini tampak begitu bebasnya pengisian minyak jenis premium dan solar bersubsidi dalam bentuk pembelian menggunakan jerigen. Biasanya, transaksi pembelian minyak dengan jerigen itu dilakukan pada malam hari.

Parahnya lagi, tak jarang juga konsumen yang membeli dengan jerigen tersebut membawa mobil pick up maupun mobil pribadi sebagai pengangkut jerigen-jerigen yang telah diisi minyak bersubsidi. Selebihnya menggunakan becak dan sepeda motor dengan keranjang bambu.

Hasil pantauan media ini, pada hari Rabu (2/2/2019), sekira pukul 21:33 WIB lalu. Salah satu mobil yang terlihat digunakan pembeli yang menggunakan jerigen adalah mobil merk Xenia berwarna hitam dengan nomor kendaraan BM 1159 SC. Mobil Xenia tersebut diparkir di halaman parkiran SPBU, lalu 2 orang wanita bergantian mengisi jerigen di Pula Pompa minyak jenis premium berkali-kali, hingga selesai lalu pergi.

Beriringan perginya konsumen yang menggunakan mobil Xenia, kemudian datang satu mobil lagi, merk Avanza berwarna hitam dan langsung mengisi minyak di Pula Pompa SPBU. Pada awalnya, tidak ada yang mencurigakan, namun setelah selesai mengisi minyak jenis premium, mobil tersebut tidak langsung pergi. Ternyata, pengendara mobil juga melakukan pengisian jerigen yang ada dalam mobilnya.

Tidak lama kemudian, Aris, Admin SPBU PT KSO datang dan melarang bila wartawan mengambil foto pengisian jerigen. Terlebih lagi ia (Aris) segan karena pengakuannya saat itu yang mengisi jerigen dengan mobil Avanza barusan adalah salah seorang oknum anggota kepolisian Polres Pelalawan berinisial CC.

“Pak CC tadi yang ngisi, orang polres sini, yang pakai mobil Avanza. Soalnya kan pak CC ini polisi, dia perwira pula disitu. Jangan foto-foto, nggak enak,” ucap Aris yang tampak segan dengan oknum polisi dari Polres Pelalawan itu.

Diketahui, CC adalah seorang anggota kepolisian Polres Pelalawan yang berpangkat Bintara. Dimana seharusnya anggota kepolisian turut menertibkan pelanggaran pengisian atau pembelian minyak bersubsidi dengan jerigen. Harusnya ia memberi contoh yang baik dan menjadi teladan untuk masyarakat, bukannya ikut-ikutan membeli minyak menggunakan jerigen.

Saat ditanya jumlah jerigen yang diisi CC, Aris mengatakan hanya 4 jerigen. Ia pun menambahkan, tujuan pengisian jerigen ini hanyalah kearifan lokal.

“Pak CC tadi cuman ngisi empat jerigen,” katanya. (tim)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.