Wabup Buka STQ III Kecamatan Lingga Timur

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar menyampaikan sambutannya pada pembukaan STQ ke III tingkat Kecamatan Lingga Timur di Desa Kerandin, Rabu (27/02/2019). (ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar membuka Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke III tingkat Kecamatan Lingga Timur, di Desa Kerandin, Rabu (27/02/2019) malam.

Pembukaan helatan STQ ini, dihadiri beberapa unsur pimpinan Kabupaten, Camat Lingga Timur, Ketua LPTQ Kecamatan, Kepala Desa se-kecamatan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, serta para kafilah.

Nizar pada kesempatan itu, mengapresiasi terlaksana kegiatan keagamaan ini. Dengan tema besar “Kita Wujudkan Generasi Penerus Pembangunan Berdasarkan Nilai-nilai Al-Qur’an Berbudaya dan Peduli Lingkungan Menuju Lingga Terbilang 2020”, dia berharap dapat menumbuh kembangkan minat generasi muda dalam seni membaca Al Qur’an.

“Al-Qur’an sebagai pedoman dan pentunjuk bagi kehidupan ini, dengan kita membacakannya hati menjadi tenang. Begitu banyak fadillah membaca ayat suci Al-Qur’an ini,” kata dia, seperti yang pernah disampaikan dibeberapa kecamatan lainnya.

Ketua LPTQ ini juga mengajak masyarakat di Kecamatan Lingga Timur dapat menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman yang mengatur dalam berprilaku di kehidupan sehari-hari.

“Bukan sekedar ajang tahunan saja, apa lagi ini sudah masuk tahun politik dengan STQ ini kita jauhi fitnah dalam pergaulan sehari-hari kita. Jaga hubungan dalam bermasyarakat sehingga tercapai masyarakat yang berakhlak mulia,” ajak dia.

Sementara, Camat Lingga Timur Muhammad Arief mengatakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini adalah ajang membina, memunculkan kader-kader baru yang gemar membaca Al-Quran. Selain itu, bisa berprestasi baik ditingkat kecamatan, kabupaten bahkan nasional.

“Kepada dewan hakim, bisa secara profesional memberikan penilaian pada peserta STQ tingkat Kecamatan Lingga Timur ini,” kata dia.

Dia juga berharap dengan kegiatan ini, dapat membina silahturahmi masyarakat di Kecamatan Lingga Timur. Bukan sekedar seremonial, tetapi dapat meningkatkan semangat cinta Al-Qur’an khusus pada generasi hari ini.

“Terima kasih kepada masyarakat Lingga Timur, dan elemen yang terkait lainnya, terselenggaranya STQ ke-lll di Desa Keranden. Melalui STQ ini, mari kita tingkatkan hubungan islamiah dalam bermasyarakat,” ajak dia.

STQ ke III, Kecamatan Lingga Timur ini telah dibuka sejak pagi, diawali dengan pawai ta’aruf yang diikuti 6 kafilah desa. Ada beberapa cabang perlombaan, seperti tartil Qur’an, tilawah Quran, syarhil Qur’an dan lainnya. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.