Percobaan Pencurian Kabel Listrik yang Jatuh Dari Tiang PLN dan Tewas Disidangkan

BATAM (marwahkepri.com) – Kasus pencurian terdakwa Sopian Pardede, Luhut Pangomoan Purba, dan Arnold Sinambela dihadirkan dalam dalam persidangan di PN Batam dalam agenda mendengarkan keterangan saksi, Kamis (28/2/2019).

Dalam persidangan, Luhut mengaku melakukan pencurian atas ajakan Alm. Erikson Siburian (salah satu kawan mereka yang tewas tersengat listrik). Sebelumnya, Alm. Erikson juga mengajak mereka bertiga untuk menyabu di Simpang Dam, dua jam setelah itu baru mereka bergerak ke arah  Gardu Portal BTS Merapi Subur Kecamatan Sagulung untuk mengambil kabel listrik.

“Alm. Erikson menyuruh saya untuk tetap menunggu dibawah, kemudian dia memanjat tiang pln yang mulia,”kata Luhut dihadapan hakim Taufik Abdul Halim Nainggolan.

Saat Alm. Erikson memanjat tiang PLN, Luhut mengaku bersembunyi di seberang parit yang ada pohonnya sambil buang hajat, tidak lama kemudian terdakwa Luhut mendengar bunyi ledakan dan percikan api dari atas tiang PLN tersebut.

Saat itu juga dikatakan Alm. Erikson langsung terjatuh ditanah sudah terlentang tidak sadarkan diri.

“Kemudian saya panggil Sopyan dan Arnold untuk meminta bantuan yang mulia,”ungkap terdakwa Luhut.

Terdakwa Luhut kemudian membawa Alm. Erikson ke RSUD dan sayangnya nyawa Luhut tidak bisa ditolong. Malam itu juga dia meregang nyawa dikasur pesakitan.

Kemudian besoknya aparat kepolisian membekuk ketiga terdakwa untuk selanjutnya diperiksa. Atas perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalamPasal 363 Ayat (1) ke -4 Jo Pasal 53 Ayat (1) KUHPidana.

Sidang tuntutan terhadap ketiga terdakwa akan dilanjutkan minggu depan.(mk/mun)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.