Kotak Suara Pemilu 2019 Diragukan, Ini Penjelasan Ketua KPU Natuna

Konfrensi pers di RM Doni Rinaldo, Ranai.

MARWAHKEPRI.COM, NATUNA – Pemandangan berbeda akan tersaji pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019. Dimana kotak suara yang digunakan tidak lagi menggunakan bahan aluminium, seperti Pemilu sebelumnya.

Kotak suara dipergunakan pada pesta demokrasi bulan April mendatang, terbuat dari bahan kardus. Sehingga banyak pihak meragukan ketahanan kotak suara tersebut.

Menanggapi isu miring tersebut, Ketua KPU Natuna Junaidi Abdillah mengatakan, kotak suara terbuat dari bahan karton kedap air. Sudah teruji dan tidak perlu diragukan lagi.

Demikian disampaikan Junaidi, kepada awak media, saat konprensi pers, di RM Doni Rinaldo, jalan Sudirman, Ranai, Selasa (26/02/2019).

Junaidi menjelaskan, spekulasi soal ketahanan kotak kardus pada Pemilu nanti, tidak perlu dikhawatikan. Selain kedap air, juga mampu menahan beban ratusan kilo gram.

“Kotak suara ini tahan beban hingga seratus kilo gram dan rembesan air. Namun jika direndam dalam air memang akan rusak karena terbuat dari karton, “terang Junaidi.

Untuk mengantisipasi kekhawatiran masyarakat khususnya di daerah Kepulauan Natuna yang terdiri dari pulau-pulau, terhadap ketahanan kotak suara berbahan kardus itu pihaknya akan melapisi dengan plastik pada saat pendistribusian kotak suara nanti.

“Kita pastikan aman, kotak suara dan surat suara sampai ke setiap TPS yang berjumlah sebanyak 1.031 kotak suara yang akan didistribusikan ke seluruh TPS di Kabupaten Natuna,” tegasnya.

Dia menjelaskan kotak suara menggunakan bahan kardus telah sesuai dengan aturan perundang-undangan dan telah disepakati DPR-RI spesipikasinya dalam pengadaan kotak suara berbahan kardus.

“Kita di daerah hanya mengikuti apa yang telah ditetapkan oleh KPU Pusat,” tambah Junaidi.

KPU menargetkan, pendistribusian logistik Pemilu ke PPK akan rampung sebelum (H-9), semua surat suara sudah sampai ke seluruh TPS di Kabupaten Natuna.

(mk/nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.