Peringati Hari Sampah Nasional, TNI-Polri Bersihkan Desa Sememal

Aparat TNI dan Polri membersihkan Desa Sememal, Kelurahan Meral, Kecamatan Meral Barat dalam peringatan Hari Sampah Nasional tahun 2019, Jumat (22/2/2019). (F:SL)

KARIMUN (marwahkepri.com) – Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari, aparat TNI-Polri membersihkan Desa Sememal, Kelurahan Meral, Kecamatan Meral Barat guna merangsang lapisan masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungannya.

Dandim 0317/TBK, Letkol Arm. Rizal Analdie mengatakan karya bakti ini merupakan bentuk kepedulian TNI-Polri dalam mendukung program pemerintah dalam pengelolaan sampah yang hingga saat ini menjadi masalah klasik di belahan bumi manapun.

“Permasalahan sampah adalah permasalahan klasik dalam kehidupan kita sehari-hari sebagaimana definisi sampah yang merupakan benda padat hasil aktivitas manusia yang sudah tidak dapat digunakan lagi,” kata Dandim 0317/TBK, Letkol Arm. Rizal Analdie mengawali kegiatan, Jumat (22/2/2019).

Maka untuk itu, katanya diperlukan kesungguhan dari seluruh lapisan masyarakat termasuk TNI-Polri dalam menyelesaikan permasalahan tersebut baik dalam lingkungan maupun tempat kerja masing-masing.

“Mari kita dukung secara bersama agar kerja kita tidak sia-sia,” katanya.

Bersamaan dengan itu katanya, apa-apa yang telah dilakukan dalam rangka mengatasi permasalahan sampah, haruslah dilakukan dengan ikhlas agar hasil yang dicapai dapat maksimal.

Di tempat yang sama, Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya mengatakan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memotivasi masyarakat Karimun dalam memecahkan cara pengelolaan sampah yang hingga saat ini masih menjadi tantangan besar yang dihadapi oleh kota-kota di seluruh Indonesia.

“Tujuan pengelolaan sampah adalah membuat sampah memiliki nilai ekonomi atau merubahnya menjadi bahan yang tidak membahayakan lingkungan,” katanya.

Dengan begitu, katanya lagi masyarakat nantinya dapat dengan sendirinya menyingkirkan dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari sampah tersebut.

“Dengan pengelolaan sampah rumah tangga yang benar kita dapat membantu untuk menanamkan dampak negatif sampah terhadap lingkungan,” katanya. (SL)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.