Dengan STQ Dapat Tingkatkan Pengamalan Nilai Al-Qur’an

Bupati Lingga menyampaikan sambutan pembukaan STQ VIII tingkat Kecamatan Lingga Utara di Desa Resun Pesisir, Senin (18/02/2019). (Ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Camat Lingga Utara, Muslim mengatakan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) bukan sekedar seremonial, tapi harus dijadikan momentum untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal itu disampaikan saat membuka STQ ke VIII tingkat kecamatan Lingga Utara di Desa Resun Pesisir, Senin(18/02/2019) malam.

“Jadi kesempatan ini harapnya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, untuk kita sama-sama mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran, agar kita semua mendapatkan ridho dan berkah,” kata Muslim.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an ( LPTQ) Kecamatan Lingga Utara, Badaruddin. Dia berharap kegiatan siar agama ini dapat mempererat hubungan islamiah dalam bermasyarakat.

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar yang menghadiri acara tersebut berharap adanya STQ ini dapat meningkatkan pengalaman dalam pengamalan nilai-nilai Al-Qur’an, dalam konteks menuju Lingga Bunda Tanah Melayu yang madani, agamis dan berbudaya.

“Al-Qur’an sebagai pedoman dan pentunjuk bagi kehidupan ini, dengan kita membacakannya, hati menjadi tenang. Begitu banyak faedahnya membaca ayat suci Al-Qur’an ini,” kata dia.

Sebagai ketua LPTQ Kabupaten, dia juga mengajak masyarakat menjadikan Al-Qur’an sebagai tuntunan dalam pergaulan sehari-hari. Untuk itu dia masyarakat di Lingga Utara diminta bersama-sama meramaikan kegiatan agama ini sampai dengan selesai, bukan hanya pada pembukaan.

“STQ bukan sekedar ajang tahunan saja, apa lagi ini sudah masuk tahun politik dengan STQ ini kita jauhi fitnah dalam pergaulan sehari-hari kita jaga hubungan dalam bermasyarakat sehingga tercapai masyarakat yang berakhlak mulia,” terang dia.

Kemudian kepada dewan hakim, dapat bersikap profesional dalam memberi penilaian pada peserta.

“Yang membaca satu huruf ayat suci ini mendapatkan dua kebaikan dan yang mendengarkannya mendapatkan satu kebaikan. Dalam satu kebaikan ada sepuluh ganjaran pahala yang di berikan oleh Allah SWT,” papar Nizar. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.