Madu Kelulut, Salah Satu Produk Unggulan Kecamatan Lingga

Camat Lingga, Yulius memegang botol madu kelulut di stand kecamatan pada acara Refleksi 3 tahun Awe-Nizar, Minggu (17/02/2019). (arp)

LINGGA (marwahkepri.com) – Berbagai produk unggulan tampak menarik di stand Kecamatan Lingga, Lingga Timur, dan Selayar. Beragam produk itu merupakan kerajinan olahan dari desa-desa yang ada diwilayah kecamatan.

Seperti produk yang berasal dari Lingga, ada Madu Kelulut, styrofoam limbah sagu,  keramik batang sagu, sabun herbal limbah madu, kerajinan dan lainnya.

Camat Lingga, Yulius menerangkan beragam bentuk olah tangan warga desa khususnya di Kecamatan Lingga, perlu mendapat dukungan pemerintah. Sebab selama ini produksi yang dilakukan hanya skala kecil. Pemasarannya juga dilakukan per individu.

“Kami ingin ini menjadi produk unggulan, jadi kami ikut tampil ada tujuannya selain menjual. Supaya pemerintah daerah bisa melihat mana yang menarik untuk diproduksi skala besar,” kata dia, Senin (18/02/2019).

Seperti halnya madu kelulut, khasiatnya sangat banyak bagi kesehatan seperti menghilangkan mag akut dan asma. Pruduk dari Desa Musai ini kata dia, mendapat tanggapan serius pemerintah Kabupaten.

“Insyaallah, nanti pemerintah daerah akan mengembangkan budidaya kelulut. Karena masyarakat sudah mampu mengolah,” jelas dia.

Selain itu, keramik bahan dasar batang sagu juga mempunyai daya tahan yang kuat. Jika memungkinkan bukan mustahil kedepannya masyarakat menggunakan ini untuk keperluan bangunan rumah.

“Ini kuat, daya tahannya boleh dibanting. Hanya saja tampilan. Kalau diukir sangat menarik,” terang dia sambil menunjukkan keramik tersebut.

Dia mengakui, produk lokal ini lemahnya pada kemasan. Kemasan yang menarik akan menarik pula daya beli.

Namun dia berharap kedepannya produk-produk lokal ini akan manpu bersaing dipasar. (mk/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.