Camat Lingga Timur Wacanakan Gelar Expo 2019

Ketua PKK Kecamatan Lingga Timur menampilkan beragam olah tangan masyarakat desa di Lingga Timur pada acara Refleksi 3 Tahun Awe-Nizar di Lapangan Kantor Bupati Lingga, Minggu (17/02/2019). (arp)

Lingga (marwahkepri.com) – Kecamatan Lingga Timur mencoba membangun terobosan baru penghasil produk unggulan. Setiap desa harus punya produk khas yang memiliki nilai jual.

Ada 6 desa di Kecamatan Lingga Timur, saat ini desa-desa tersebut sudah melekat kekhasan produknya.

Menurut Camat Lingga Timur Muhammad Arief, desa-desa memang diminta untuk berpartisipasi menghasilkan produk unggulan yang bisa di jual. Cara mempromosinya, dengan mengikuti sejumlah even pemeran.

Bukan hanya kuliner, tetapi kerajinan tangan juga ditekankan agar ibu-ibu PKK di desa berkreasi. Setiap desa harus menciptakan satu produk unggulan “One Produk One Village”.

Seperti di Desa Sungai Pinang dikenal dengan penghasil kerupuk ikan memparang, Desa Kudung dengan nasi goreng sagu, Desa Keton dengan kerajinan lekar, Desa Pekaka dengan terasinya yang gurih, Desa Kerandin dengan anyaman plastik sebagai pemanfaatan barang bekas, dan Desa Bukit Langkap dengan kulinernya kue kekepal.

“Kita sudah ada GOW, dari GOW kecamatan ke Kabupaten, insyaAllah akan mengembang produk-produk ini,” kata dia, Senin (18/02/2019).

Selain itu, usai mengikuti pemeran produk di acara Refleksi 3 tahun kepemimpinan Awe-Nizar, Kecamatan Lingga Timur berencana menggelar Lingga Timur Expo 2019 yang disejalankan dengan pergelaran STQ Kecamatan. Disana nantinya akan menawarkan produk unggulan dari desa.

Dia juga berharap dari desa lewat PKK bisa menumbuhkembangkan produk-produk lokal. Lewat dana desa, bisa dilakukan dibidang pemberdayaan.

Kemudian lewat kecamatan, seperti GOW bisa memberikan bimbingan dan  mempromosikan.

“Kami akui juga nilai jual masih lemah. Pola kemasan yang belum modern juga menjadi faktor. Selain itu terkendalanya bahan dasar produksi,” jelas dia.

Namun jika sudah berkembang kata dia, akan memunculkan lapangan kerja baru yang menjanjikan pendapatan masyarakat. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.