Warga Sungai Pisang Akhirnya Menikmati Listrik PLN

Pemasangan travo oleh PLN sub Rayon Daik Lingga untuk menerangi perkampungan Sungai Pisang, Desa Sungai Pinang, Jum’at (15/02/2019). (Ist)

Lingga (marwahkepri.com) – PLN Sub Rayon Daik Lingga melakukan pemasangan jaringan listrik ke perkampungan Sungai Pisang Desa Sungai Pinang, Jum’at (15/02/2019). Perkampungan yang masuk Dusun I itu masih ada 10 Kepala Keluarga yang belum menikmati pelayanan listrik dari PLN.

Kepala Desa Sungai Pinang, Diyau Rusdi mengatakan perkampungan Sungai Pisang sudah masuk teritorial Sungai Pinang sejak dulu. Perkampungan yang dulunya ramai, perlahan mulai berkurang. Hingga saat ini masih menyisakan 10 KK.

Dusun I tersebut, merupakan perkampungan paling awal yang dilalui jika berkunjung ke Desa Sungai Pinang dari ibukota Daik Lingga. Hanya saja, untuk sampai di perkampungan ini harus masuk ke persimpangan melintasi ratusan meter dari lintas timur pulau Lingga.

Kondisi geografis kampung yang jauh dari desa induk, membuat akses penerangan terkendala. Meski sudah lama masyarakat Desa Sungai Pinang menikmati listrik PLN, namun tidak bagi warga Dusun I ini.

Baru kali inilah PLN bisa menyuplai listrik dengan pemasangan travo 25 Kilo Volt Ampere (KVA) ditiang utama dengan penarikan kabel hingga 200 meter ke perkampungan.

“Alhamdulillah, selama ini belum ada listrik PLN sampai ke sana. Karena usaha dan doa lah hingga bise masuk PLN,” kata Diyau Rusdi.

Untuk mencapai ke perkampungan, kata Diyau, pihak PLN mendirikan 4 tiang pembantu agar penarikan kabel listrik merata. Sisi kabel juga dibersihkan dari dedaunan dan pohon-pohon agar tidak menimbulkan masalah seperti kosleting listrik.

“Memang sudah lama kami dambakan, saya dan juga masyarakat Sungai Pisang mengucapkan terimakasih kepada PLN Daik,” ucap dia.

Dengan selesainya pembangunan jaringan listrik ini, akhirnya masyarakat Sungai Pisang bisa menikmati pelayan PLN selama 24 jam setiap harinya.

Hal tersebut sebagai bentuk keberhasilan yang tidak terlepas dari dukungan semua pihak baik pemerintah daerah, desa masyarakat setempat serta PLN sendiri.

Diyau berharap dengan masuknya listrik bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh warga Sungai Pisang.

“Kami harapkan listrik bisa membantu mendukung perekonomian warga setempat. Semoga bisa dimanfaatkan sebaiknya,” harap dia. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

72 thoughts on “Warga Sungai Pisang Akhirnya Menikmati Listrik PLN

Leave a Reply

Your email address will not be published.