Tingkatkan PAD, BP2RD Kepri Bakal Rutin Gelar Razia Kendaraan

Petugas kepolisian saat menggelar razia di depan Mapolresta Barelang beberapa waktu lalu. (F:net)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Kepri bakal rutin melakukan razia pajak kendaraan bermotor di seluruh Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Samsat di seluruh kabupaten kota yang ada di Kepri.

Kepala BP2RD Provinsi Kepri Reni Yusneli menyatakan hal tersebut guna meningkatkan kesadaran masyarakat pengguna kendaraan bermotor dalam membayar tunggakan pajak kendaraan bermotor di Provinsi Kepri.

“Kita terus mendorong peningkatan penarikan pajak kendaraan bermotor ini, karena jika seluruh masyarakat sadar untuk membayar pajak dapat meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita,” ungkap Reni di Tanjungpinang, Senin (11/2/2019).

Menurut Reni, berbagai upaya telah dilakukan pihaknya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak kendaraan bermotornya.

“Mulai dari mengoperasikan beberapa Samsat corner, dan mobil Samsat keliling yang diharapkan dapat memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraannya,” kata Reni.

Serta langkah pemutihan denda pajak kendaraan yang dilakukan pada tahun lalu. Namun nyatanya masih banyak masyarakat yang belum melunasi pajak kendaraan bermotornya.

“Hingga untuk tahun 2019 ini, kita akan berupaya lebih keras untuk meningkatkan pembayaran pajak  kendaraan bermotor yakni dengan melakukan razia pajak kendaraan bermotor di semua UPT Samsat di seluruh daerah,” tegas Reni.

Reni melanjutkan pihaknya telah mengirimkan surat edaran untuk pelaksanaan razia pajak kendaraan ini yang dilakukan dalam tempo tahun 2019 ini.

“Untuk razia ini  kita ada 10 UPT se Provinsi Kepri, misalkan untuk UPT Batam Center 18 kali, UPT Batu Aji ada 12 kali dan untuk UPT di Kota Tanjungpinang ada 12 kali razia dalam waktu setahun,” ungkap Reni.

Dikatakan Reni, mereka yang terjaring razia nantinya dapat diberikan sanksi untuk penahanan kendaraan bermotor dan penarikan pembayaran pajak secara paksa.

“Hal itu kita lakukan untuk meningkatkan disiplin pajak masyarakat dalam meningkatkan PAD Kepri tahun 2019,” tutupnya. (MC)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.