Pj Kades Rantau Baru Paparkan 5 Program Prioritas

Pj Kepala Desa Rantau Baru, Nazwir Alam, S.Pd (tengah) didampingi oleh Sekretaris Desa Rudi Hartono (kanan) dan Ketua BPD Khairul Salim saat rapat koordinasi bersama di Aula Kantor Desa Rantau Baru, Senin (11/2/2019). (F:Sona)

PELALAWAN (marwahkepri.com) – Aparatur pemerintahan Desa Rantau Baru, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau melaksanakan rapat koordinasi, konsultasi dan konsolidasi pada Senin (11/2/2019) di aula kantor Desa Rantau Baru. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Pj Kepala Desa Rantau Baru, Nazwir Alam, S.Pd didampingi oleh Sekretaris Desa Rudi Hartono dan Ketua BPD Khairul Salim.

Dalam rapat perdana dengan seluruh jajaran aparatur pemerintahan desa tersebut, Pj Kades yang baru saja dilantik beberapa hari lalu memaparkan 5 program prioritasnya. Kelima program prioritas pokok itu, digagas oleh Nazwir dengan tujuan mempercepat pembangunan desa Rantau Baru kedepan.

Adapun 5 program prioritas pokok Nazwir Alam yaitu, pertama, pembenahan penataan kantor desa sebagai pusat pelayanan masyarakat yang berbasiskan data, seperti fisik (gedung/kantor desa), administrasi, penata usahaan dan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur desa.

“Kedua, penataan dan pembenahan lingkungan pemukiman desa meliputi kebersihan, keindahan, keasrian, kenyamanan dan akses transportasi mobilitas orang dan barang,” ucapnya.

Nazwir menambahkan, program prioritas ketiga adalah, menciptakan, mendorong dan menumbuhkembangkan usaha-usaha mikro yang berbasis ekonomi kerakyatan seperti UMKM, BUMDes dan destinasi kunjungan wisata pancing yang ramah dan menarik.

“Keempat, menggali dan memanfaatkan potensi-potensi sumber daya alam sebagai sumber pendapatan desa. Dan kelima, penetapan dan penentuan batas wilayah administrasi dan membuat surat kepemilikan aset-aset pemerintahan desa/hibah,” tuturnya.

Selain dari lima program prioritas pokoknya tersebut, juga ada beberapa program tambahan Nazwir lainnya yakni membenahi beberapa hal seperti kepemudaan dan olahraga, PKK/grup kesenian rebana, seni, adat dan budaya, kerohanian, pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

Dalam mewujudkan seluruh program tersebut, Nazwir mengharapkan kebersamaan dan transparan serta kerja keras seluruh elemen masyarakat Desa Rantau Baru.

“Sebab tanpa kerjasama yang baik, maka sulit untuk mecapainya,” ucapnya. (Sona)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.