Desa Sungai Pinang Bangun Masjid 1 Miliar

Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Babussalam Desa Sungai Pada oleh Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, Jum’at (08/02/2019) lalu. (Ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Pemerintah Desa Sungai Pinang, Kecamatan Lingga Timur berencana membangun masjid megah senilai Rp 1 Miliar dari dana cadangan desa dan swadaya masyarakat. Rencana pembangunan itu, bukan renovasi tetapi membangun kembali Masjid Babussalam yang saat ini telah berdiri.

Kepala Desa Sungai Pinang, Diyau Rusdi saat dikonfirmasi membenarkan rencana tersebut. Bahkan untuk realisasi pekerjaannya sudah dijalan sejak peletakan batu pertama yang dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar pada Jum’at (08/02/2019) lalu.

“Pembangunan sudah dilakukan warga. Sementara ini memakai dana swadaya masyarakat,” kata Diyau Rusdi, Selasa (12/02/2019).

Alasan dibangun ulang Masjid Babussalam, mengingat kondisi masjid yang sudah tua, lapuk dimakan usia. Selain itu kondisi jama’ah yang terus meningkat dari tahun ke tahun mengharuskan masjid tersebut dilakukan pelebaran.

“Inikan dipusat pemerintahan kecamatan jadi layaknya bagus bangunan masjid ini,” kata dia.

Sebagai pusat Kecamatan Lingga Timur, kata dia pembenahan dari aspek pembangunan harus dapat ditunjang dari anggaran desa.

Menurutnya pembangunan masjid tersebut akan selesai pada tahun 2020 setelah habis masa jabatannya sebagai kepala desa.

“Dana cadangan ini nanti pencarian di akhir jabatan. Ada rekening tersendiri yang kami buat, jadi satu tahun itu Rp 200 juta dikali dua tahun, ada Rp 400 juta,” lanjut dia.

Sebelumnya revitalisasi Masjid Babussalam, pernah dianggarkan lewat dana Corporate Social Responsibility (CRS) Bank Riau Kepri capem Daik Lingga. Karena beberapa kendala, dana tersebut akhirnya dikembalikan lagi oleh pihak Bank Riau Kepri ke Kantor Pusat di Pekanbaru. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.