Dandim 0317/TBK: Negara Saat ini Butuh Immun

Suasana di Gedung Nasional, Tanjungbalai Karimun, Selasa (12/2/2019). (F:SL)

KARIMUN (marwahkepri.com) – Dandim 0317/TBK, Letkol Arm.Rizal Analdie mengatakan kondisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sekarang ini membutuhkan immun atau sistem kekebalan diri dalam mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI.

“Negera saat ini butuh imun dari para pemuda-pemuda dalam wujud pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” kata Letkol Arm.Rizal Analdie dalam orasi ilmiahnya pada acara tertentu di Gedung Nasional, Tanjungbalai Karimun, Selasa (12/2/2019).

Immun tersebut diperlukan untuk menangkal serangan proxy war yang dilakukan oleh tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab untuk memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Tujuan mereka untuk menguasai sumber daya alam yang dimiki oleh Bangsa Indonesia,” katanya.

Untuk dapat mewujudkan keinginan para aktor pecundang tersebut mereka membenturkan budaya lokal seperti yang terjadi dibeberapa negara belahan bumi ini.

“Benturan-benturan budaya akan terjadi, dan buktinya sudah banyak di negara-negara lain,” katanya.

Menurut pria kutu buku ini, ancaman-ancaman ini adalah virus yang dapat merusak sistem kekebalan bangsa. Sehingga dibutuhkan kerjasama sinergitas antar seluruh element masyarakat serta pemerintah dan seluruh pihak untuk memperkuat immun ini.

“Dibutukan imunitas kekebalan suatu bangsa,” katanya.

Tak cukup sampai disini, sistem immun sendiri butuh ujicoba dari semua sisi, dengan tujuan agar sistem immun tersebut benar-benar menjadi antibody dalam menangkal virus-virus yang dimaksud.

“Kekebalan bangsa pernah diuji beberapa ratus tahun lalu, baik secara eksternal dan internal. Di sini peran negara dalam hal ini harus disandingkan dengan peran individu dan harus menghasilkan imunitas bangsa,” katanya. (SL)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.