Peringatan HPN di Anambas Sukses, Bupati: Pemda Butuh Insan Pers

Wartawan yang bertugas di Anambas, Bupati Abdul Haris dan perwakilan consorsium berfoto bersama usai Forum Group Discussion di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), Sabtu (9/2/2019).

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Panitia Bersama (PANBERS) yang terdiri dari seluruh wartawan yang berkiprah di Anambas menggelar peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 dengan sukses. Dimana puncaknya ialah dengan menggelar FGD (Fokus Group Discussion) dengan tema “Peran Pers dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik” di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), Sabtu (9/2/2019).

Acara dibuka langsung oleh Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris dan dihadiri oleh Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra, Wakil kKetua DPRD, Sekretaris LAM Syarifuddin, Kapolres Anambas Junoto, Kacabjari Tarempa mewakili Lanal Tarempa, Plh,Danramil 02 Tarempa, Pimpinan Partai Politik, OPD dan Lintas Tokoh Masyarakat Anambas dari berbagai unsur.

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris dalam sambutannya mengatakan, bahwa Pemda tetap butuh para insan pers dalam memberikan informasi tentang pembangunan di Anambas. Ia juga berharap para jurnalis harus bisa lebih meningkatkan profesionalitas dalam karya jurnalistiknya.

Lanjut Haris,wartawan itu perlu memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik dan dalam bekerja tergantung dengan niat.

“Kami dari Pemda tentu butuh insan pers. Peran pers sangat penting dalam memberi informasi kepada publik. Pastinya bekerja tergantung dengan niat. Berikan informasi yang aktual dan sesuai fakta,” ucapnya.

Bupati juga mengajak insan pers berkontribusi terhadap pembangunan daerah Kabupaten Kepulauan Anambas sesuai fungsi media sebagai kontrol pemerintah.

“Saya mengucapkan selamat hari pers kepada semua insan pers, tidak mungkin kita menikmati demokrasi seperti ini tanpa kebebasan pers,” kata Haris.

Ketua Panitia Bersama HPN 2019 di Anambas Indra Gunawan mengatakan, bahwa momentum HPN di tahun 2019 ini baru pertama kali dirayakan di Anambas sejak 10 tahun Kabupaten Kepulauan Anambas terbentuk.

Dikatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberi semangat bagi pekerja jurnalistik di Anambas dalam meningkatkan kualitas, profesionalitas dan intelektualitas dan bisa ikut serta berperan aktif untuk memajukan pembangunan Anambas kedepannya agar lebih baik.

“Kami kedepannya para jurnalis yang bertugas di Anambas dapat menjalankan karya jurnalistik yang lebih profesionalitas, kualitas dan intelektualitas. Pastinya kami ingin melakukan penyegaran kepada diri sendiri,”ujar Indra.

Indra juga berharap kepada semua pihak yang hadir dapat mengikuti acara dengan baik dan juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam mengsukseskan HPN 2019 ini.

“Semoga kedepannya acara ini menjadi program tahunan bagi insan pers di Anambas,” harapnya.

Sementara itu, tidak kalah pentingnya dalam FGD tersebut ialah dapat berdiskusi langsung dengan sejumlah narasumber dan yang dipimpin oleh moderator yang handal yakni Septyan selaku wartawan perwakilan Tribun di Anambas.

“Saya cukup puas materi yang didiskusikan, semua narasumber menyampaikan pendapatnya. Bahkan audien yang duduk bagian belakang juga diberi kesempatan untuk berbicara. Kalau boleh saya katakan, kegiatan ini lancar, sukses dan luar biasa untuk tahap pertama,” kata Tyan dengan senyuman diwajahnya.

Sebagai pilar demokrasi yang keempat, pers turut berperan besar dalam pengawasan pembangunan pemerintahan. Tentunya melalui berita-berita bernilai informatif dan edukatif kepada masyarakat.(SES)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.