319 Sekolah di Kepri masih Gelar Ujian Nasional Kertas Pensil

Ilustrasi.(net)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Sebanyak 319 sekolah mulai dari tingkat SMP/MTs maupun SMA/SMK/MA di Provinsi Kepri masih melakukan Ujian Nasional (UN) secara manual atau disebut Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) pada tahun 2019 ini.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri H.M Dali mengatakan meskipun saat ini pelaksanaan UN telah berbasis komputer, namun masih terdapat beberapa sekolah yang tersebar di seluruh kabupaten kota se-Provinsi Kepri yang masih melaksanakan UNKP.

“Masih ada beberapa sekolah di Kepri yang melaksanakan ujian nasional menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LIK),” ungkap Dali di Tanjungpinang beberapa waktu lalu.

Dikatakan Dali, pelaksanaan UNKP dibeberapa sekolah ini dikarenakan masih terbatasnya akses dan sarana prasarana untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Untuk tingkat SMP se-Provinsi Kepri ada sekitar 210 sekolah yang masih ujian menggunakan metode UNKP ini, yang mana 5 sekolah di Kota Tanjungpinang, 71 sekolah di Kota Batam, 18 sekolah di Kabupaten Bintan, 44 sekolah di Kabupaten Karimun, 20 sekolah di Kabupaten Natuna, 28 sekolah di Kabupaten Lingga dan 24 sekolah di Kabupaten Anambas,” tegas Dali.

Sementara untuk MTs, lanjut Dali untuk tingkat MTs yang menggunakan UNKP sebanyak 8 sekolah di Kabupaten Bintan, 8 sekolah di Kabupaten Karimun, 12 sekolah di Kabupaten Natuna, 2 sekolah di Kabupaten Lingga dan 4 sekolah di Kabupaten Anambas.

“Untuk tingkat SMA se-Kepri, ada 23 sekolah yang menggunakan UNKP di Kota Batam, 6 sekolah di Kabupaten Bintan, 5 sekolah di Kabupaten Karimun, 8 sekolah di Kabupaten Natuna, 6 sekolah di Kabupaten Lingga dan 4 di Kabupaten Anambas,” tambahnya.

Sedangkan Tingkat MA, tambah Dali 2 sekolah di Kabupaten Karimun, 1 sekolah di Kabupaten Natuna, 2 sekolah di Kabupaten Lingga dan 3 sekolah di Kabupaten Anambas.

“Dan terakhir untuk tingkat SMK se-Kepri yang masih menggunakan UNKP yakni 11 sekolah SMK di Kota Batam, 1 sekolah di Natuna, 1 sekolah di Lingga dan 2 sekolah di Anambas,” jelasnya. (MK/mc)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.