Rutinitas Senin, Camat Katang Bidare Jadi Pembina Upacara

Foto bersama usai upacara Senin, (04/02/2019) di SDN 036 Senayang Desa Pulau Bukit. (ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Menjadi pembina upacara setiap hari Senin di sekolah-sekolah, sudah menjadi rutinitas Camat Karang Bidare. Kali ini, SDN 036 Desa Pulau Bukit, menjadi tujuannya untuk berbagi motivasi, Senin (04/02/2019).

“Ini memang menjadi program kami dari kecamatan untuk memberikan motivasi kepada anak-anak didik di Kecamatan Katang Bidare,” kata Safaruddin M.Si, Camat Katang Bidare.

Dia mengatakan, ditiap amanat yang dibubuhkan kepada siswa menekan pentingnya budaya hidup disiplin untuk ditanamkan sejak usia dini. Karena kunci sukses adalah disiplin.

Selain penekanan itu, juga mewajibkan siswa-siswi untuk patuh terhadap guru dan orang tua. Tidak menjadikan diri pribadi seorang yang apatis di zaman serba milineal ini.

Karena derasnya arus digitalisasi, jika tak dibenamkan sejak dini etika dan sopan santun, maka generasi hari ini akan cenderung condong kearah negatif.

“Ada harapan suatu hari nanti, akan lahir calon-calon pemimpin yang berasal dari Desa Pulau Bukit ini,” kata dia.

Walau berasal dari pulau terpencil, dia sampaikan setiap anak tidak boleh merasa pesimis, sebab sukses tidak hanya milik anak-anak kota saja.

Dia mencontohkan, banyak orang-orang sukses yang berasal Lingga, bahkan kepulauan Senayang yang bernaung di kota. Mereka-mereka itu, kata dia telah membuktikan keterbatasan-keterbatasan, bukanlah hal menghalangi kesuksesan.

“Jadi, jangan pernah ragu, jangan pernah malu untuk bangun berbuat hal-hal baik. Menanamkan semangat, optimisme untuk maju menjadi orang sukses,” imbuh dia.

Selain menyampaikan amanat upacara, Safar juga memberikan bantuan dari Bupati Lingga berupa bingkisan berisi buku.

Disela-sela kegiatan dia menyempatkan masuk kedalam kelas- kelas memberikan materi kepada siswa.

“Ada temanya jangan pernah takut untuk bermimpi karena tidak ada yang tidak mungkin digapai di dunia ini jika kita bersungguh-sungguh,” jelas dia.

Dia berharap, kegiatan ini mampu memberikan perubahan pendidikan di Kecamatan Katang Bidare. Menanamkan mindset pantang mundur, dan serius dalam belajar menempuh pendidikan. Jika siswa-siswi di Kecamatan Katang Bidare menemukan kendala dalam menempuh wajib belajar 12 tahun, akan diupayakan solusinya.

Menurutnya, tingkat pendidikan di desa-desa se Kecamatan Katang Bidare harus lebih tinggi dari pada sebelumnya.  Jadi ada perubahan yang nyata atas pemekaran kecamatan khusunya dibidang pendidikan ini.

“Lapor Camat jika tidak mampu nembeli buku dan perlengkapan sekolah. Kami ingin, tidak ada anak diwilayah katang Bidare yang tidak mengecap pendidikan 12 tahun,” kata dia. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.