Untuk Kenyamanan Berinvestasi, BP Batam Luncurkan Klinik Berusaha di MPP

Peluncuran Klinik Berusaha di Mall Pelayanan Publik (foto : Munawir)

BATAM (marwahkepri.com) –  Untuk meningkatkan gairah investasi di Kota Batam, BP Batam meluncuran Klinik Berusaha di Mall Pelayanan Publik (MPP) Jumat, (1/2/2019).

Peluncuran itu turut hadir Sekretaris Kemenko Perekonomian, Susiwijono, Kepala BP Batam Edy Putra Irawady, Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto dan pejabat lainnya. Kapolsek Batam Kota, AKP. Ricky Firmansyah, SH.,MH juga tampak siaga bersama anggotanya mengamankan peluncuran itu.

Dalam sambutannya, Kepala BP Batam mengatakan peluncuran Klinik Berusaha merupakan bagian dari tugas BP Batam untuk memfasilitasi percepatan penyelesaian permasalahan berusaha dalam perizinan.

Adapun produk pelayanan yang terdapat pada Klinik Berusaha diantaranya : Lingkungan, Lalu lintas Barang, Kementerian Ketenagakerjaan, Pertanahan, Kementerian Keuangan RI/Direktorat Jenderal Pajak, Bea Cuka, Kejaksaan, BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Pelayanan penerbitan perizinan yang berhubungan dengan produk pemerintahan akan langsung terintegrasi ke pemerintah pusat secara online melalui program Online Single Submision (OSS).

Wakil Walikota Batam, Amsakar Ahmad mengatakan Batam pernah memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat selama 3 dasawarsa.

“Batam pernah mencapai pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat  selama 3 dasawarsa, namun beberapa tahun belakang ini pertumbuhan ekonomi kita mulai melesu,”

Menurutnya langkah ini menjadi salah satu jawaban untuk memberikan kenyamanan kepada pelaku usaha sehingga pertumbuhan ekonomi bisa ditingkatkan lagi.

Sementara itu, Susiwijono mengatakan peluncuran Klinik Berusaha dan penyatuan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai bentuk otoritas Batam bersatu.

Suwijono yakin, dengan adanya Klinik berusaha ini maka proses pelayanan perizinan berusaha akan semakin disederhanakan, terbuka, jelas dan berbiaya terjangkau sehingga dapat membangkitkan dunia usaha, serta menghindari kerugian pengusaha.(mk/mun)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.