Tinjau Pulau Terluar, Camat Pastikan Wilayah Itu Aman

Tapal batas yang menjelaskan pulau ini masuk wilayah administratif Kabupaten Lingga yang berbatasan langsung dengan Kota Batam. (Ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Camat Katang Bidare, Safaruddin M.Si, meninjau pulau Seranggas yang merupakan pulau terluar di utara Kabupaten Lingga. Pulau
yang berada di wilayah Desa Benan ini, diketahui sudah mempunyai tapal batas yang jelas.

Berada di Dusun Nopong, pulau ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Galang, Kota Batam. Meski diketahui selama ini tidak pernah ada ketegangan terhadap perbatasan ini, menurut Sapar sangat perlu ditinjau kondisinya.

Mengingat beberapa pulau di Kabupaten Lingga menjadi rebutan, seperti Pekajang dan Berhala beberapa waktu lalu. Tak hanya itu, alasan lain beberapa pulau di Kepulauan Senayang ini juga beberapa waktu lalu terindikasi dijual ke pihak pengusaha.

“Menurut kami sangat perlu dilihat, didatangi pulau itu,  sebagai pimpinan wilayah kami harus memahami wilayah, supaya tidak ada hal-hal lain yang merugikan,” kata dia, Kamis (31/01/2019).

Menyakinkan hal itu, dari hasil kunjungan mereka disampaikan telah berdiri tapal batas wilayah antar daerah antara Kabupaten Lingga dan Kota Batam.

Begitu juga terkait peta batas wilayah yang sedang dikerjakan oleh Bagian Pemerintahan Kabupaten Lingga dan Badan Informasi Geospasial, dianggap sudah sesuai.

“Saya rasa tidak ada masalah. Memang sudah jelas pulau ini milik Kabupaten Lingga. Kita telah lihat sendiri,” jelas dia.

Memaksimalkan itu semua, kata dia pihaknya kecamatan dan Desa Benan sendiri hanya menunggu peta desa dan kecamatan selesai dikerjakan bagian pemerintahan Setda Lingga.

“Jika semua selesai, maka sangatlah jelas dimana titik-titik batas itu, baik desa antar desa, maupun kecamatan Katang Bidare sendiri yang berbatasan dengan Kecamatan Temiang Pesisir, Senayang dan Kecamatan Galang Kota Batam,” papar dia. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.