Dugaan Penyelewengan Dana Desa Lolofaosa Menunggu Hasil Audit Inspektorat

Kapolres Nias Selatan (Nisel) AKBP I Gede Nakti Widhiarta SIK. (F:ist)

NIAS (marwahkepri.com) – Dugaan penyelewengan ADD/DD (Alokasi Dana Desa/Dana Desa) yang telah dilaporkan oleh warga Desa Lolofaoso, Kecamatan Lolowau, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah ditindak lanjuti oleh Polres Nias Selatan.

“Sekitar seminggu yang lalu Polres Nisel telah mengirim surat kepada Inspektorat untuk mengaudit kegiatan ADD dan DD yang telah dilaporkan warga Desa Lolofaoso,” ujar Kapolres Nias Selatan (Nisel) AKBP I Gede Nakti Widhiarta SIK saat dihubungi media ini pada Rabu (30/1/2019).

“Semua telah kita tindak lanjuti. Saat ini masih menunggu audit dari Inspektorat. Setelah LHP audit dari Inspektorat keluar, baru ditindak lanjuti lagi. Tapi tolong konfirmasi saja langsung kepada Kasat Reskrim Polres Nisel, karena dia yang lebih mengetahui persis kasus itu,” tambah Kapolres Nisel itu.

Namun sayangnya ketika Kasat Reskrim AKP Edi Sukamto SH, MH, dihubungi ia mengaku akan mengecek kembali perkembangan kasus tersebut.

“Sudah dipanggil apa belum ya. Nanti saya cek ya pak,” jawab Kasat Reskrim dengan singkat seraya menutup telefonnya langsung.

Kasus ini berawal dari dugaan penyelewengan ADD dan DD anggaran tahun 2017 yang telah dilaporkan di Polres Nisel. Dari pengakuan sejumlah masyarakat, oknum Pj Kades Yaaro Waruwu dalam melaksanakan sejumlah kegiatan dari anggaran DD/ADD tidak sesuai yang diharapkan. Salah satunya indikasi dugaan penyelewengan, seperti membuat laporan realisasi penggunaan DD yang tidak sesuai APBDes pada tahun 2017. (SH)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.