Tujuh Toilet Termahal di Dunia, Karimun Salah Satunya

Toilet milik stasiun luar angkasa yang pertama kali diluncurkan pada bulan November tahun 2008 lalu.

KARIMUN (marwahkepri.com) – Toilet menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, tanpa terkecuali. Dibeberapa tempat di dunia toilet bisa menjadi barang yang sangat mahal, mulai dari toilet berlapis emas hingga toilet luar angkasa.

Namun, tidak hanya toilet dengan lapisan emas berharga mahal, di Karimun pembangunan toilet sederhana pun dapat menelan harga yang sangat fantastis. Dikutip brilio.net dari The Indian Express pada tahun lalu, inilah 6 toilet termahal di dunia.

1.Toilet Luar Angkasa

Toilet yang paling mahal adalah toilet milik stasiun luar angkasa yang pertama kali diluncurkan pada bulan November 2008. Tidak tanggung-tanggung harga toilet tersebut berkisar Rp 24,7 miliar

2.Toilet Emas Hang Fung

Hang Fung merupakan salah satu pemilik perusahaan emas terbesar di dunia. Selain memiliki kekayaan yang cukup prestisius, Hang Fung juga memiliki toilet seharga Rp 65 miliar.

3.Moon River Art Park Toilet

Salah satu toilet yang tidak kalah terkenalnya adalah moon river art park toilet yang berada di salah satu tempat wisata yang ada di Shanghai, China. Berbeda dengan toilet lainnya yang dikenal mewah, keberadaan toilet yang alami inilah yang membuatnya cukup mahal sebab dibangun di dalam sebuah goa. Toilet moon river art park ini senilai Rp 9,75 miliar.

4.Dagobert By Herbeau

Toilet Dagobert diambil dari nama Raja Dagobert yang berkuasa pada abad ke-8 di Prancis. Desain toilet ini seperti singgasana yang memiliki berbagai fasilitas seperti asbak, pemutar musik dan tempat lilin. Toilet keluarga kerajaan ini seharga Rp 183,6 juta.

5.Sun-Mar Excel Toilet

Sun-Mar Excel menjadi toilet ramah lingkungan pertama di dunia. Toilet ini akan membuat kotoran menjadi pupuk untuk tanaman dan tidak menggunakan air sama sekali. Toilet dengan teknologi canggih ini dapat dimiliki dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 19,5 juta

6.IntiMist

Toilet IntiMist yang memiliki berbagai fasilitas seperti air hangat dan pengatur suhu dudukan toilet. IntiMist dijual seharga Rp 5,85 juta untuk bagian atas dudukannya saja loh.

7.Toilet di Karimun

Jika toilet di belahan dunia tersebut dibangun dengan harga yang fantastis dengan berbahan dan tempat tak lazim, berbeda di Kabupaten Karimun. Toilet yang dibangun bukan berdasarkan bahan dasar pembuatan toilet, maupun tempat dibangunnya, melainkan harga pembuatan WC tersebut yang patut dicatut dalam 7 WC termahal di dunia.

Toilet di Desa Sei Pasir Kelurahan Sungai Pasir Kecamatan Meral dengan total nilai Rp1.035.853.000,-. (F:SL)

Dibangun di atas lahan milik warga RT/RW 04 Desa Sei Pasir Kelurahan Sungai Pasir Kecamatan Meral dengan nilai Rp1.035.853.000,- WC tersebut hanya berbahan bangunan pada umumnya, tidak ada yang spesial dari bentuk maupun bahan bangunan.

“Sangat disayangkan sekali anggaran yang sedemikian banyak ini terbuang percuma tanpa memberikan manfaat apapun kepada masyarakat,” kata Jamal salah satu tokoh masyarakat di Meral, Minggu (27/1/2019).

Bentuk bangunannya pun terbilang tidak ada yang unik, bahkan keempat WC yang didirikan berjejer tersebut berada di pinggiran rerimbunan pohon mangrove.

“Terbuang percuma dan tidak tepat sasaran,” katanya

WC senilai 1 Milliar tersebut pun tanpa dilengkapi air maupun alat penerang lainnya. Sebagian besar bangunan tersebut juga terlihat tidak pernah digunakan sama sekali, bahkan rumput-rumput liat mulai menjalar di bagian-bagian bangunan tersebut. Septic tank-nya pun terlihat menyatu dengan dinding parit drainase setempat.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.